Lihat ke Halaman Asli

Yeni Lestari

Mahasiswa Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang

Mengunjungi dan Membangun Sisi Ekonomi dan Pendidikan Setelah Pandemi di Desa Pule

Diperbarui: 1 Februari 2022   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada liburan semester 5, kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan program KKM-DR atau Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah. Untuk tanggal pelaksanaannya sendiri dilaksanakan mulai tanggal 27 Desember 2021 sampai 27 Januari 2022. 

Program KKM ini dilaksanakan selama satu bulan. Untuk proses pelaksanaannya sendiri, kampus membebaskan mahasiswa untuk menentukan sendiri kelompok kerja yang akan mengikuti secara langsung beberapa program di lingkungan masyarakat. 

Pada kesempatan pelaksanaan KKM ini, saya dan 7 teman saya yang terdiri dari latar jurusan yang berbeda namun berada dalam satu wilayah tempat tinggal memutuskan untuk melaksanakan KKM-DR di Desa Pule, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Untuk lokasinya sendiri kurang lebih dapat kami tempuh sekitar 10 sampai 20 menit dari rumah kami sesuai dengan jarak rumah kami masing-masing.

Program KKM-DR ini diselenggerakan dengan mengangkat tema " Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat". Dalam menjalankan kegiatan KKM-DR, kampus membekali kami dengan memberikan DPL( Dosen Pembimbing Lapangan) sebagai pembimbing kami dalam menjalankan program kerja kami. 

Kegiatan KKM-DR sendiri memiliki tujuan untuk melatih dan membekali mahasiswa menerapkan ilmu, belajar memecahkan berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat, mengembangkan potensi masyarakat, dan mempunyai sikap keberpihakan kepada masyarakat kecil, lemah atau terpinggirkan. Selain itu, dengan melaksanakan KKM-DR mahasiswa dapat memberikan dan menerapkan berbagai hal seperti pengalaman, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan nilai-nilai yang baik.  

Kami memilih Desa Pule sebagai lokasi yang akan kami gunakan untuk pelaksanaan KKM  dengan beberapa pertimbangan seperti lokasi nya yang tidak terlalu jauh dari rumah. Hal ini juga menjadi perhatian kami melihat kondisi masyarakat pada saat covid, sehingga kami mempertimbangkan untuk memilih lokasi yang dekat dan kedatangan kami tidak menakuti masyarakat sekitar. 

Selain itu, Desa Pule juga merupakan salah satu desa yang memiliki daerah yang luas karena terdiri dari Pule Utara dan Pule Selatan, sehingga didesa ini terdapat banyak aktivitas yang dapat kami jadikan object untuk menjalankan program kerja kami. Selain itu, warga desa Pule juga merupakan warga yang ramah dan terbuka dengan mahasiswa.

Dari beberapa rangkaian program kerja yang kami lakukan diDesa Pule, salah satunya adalah mengunjungi 3 UMKM (Usaha Masyarakat Kecil Menengah). UMKM tersebut diantaranya adalah UMKM Thai Tea, Bawang Goreng, dan Usus Goreng. Kami memerlukan waktu 3 hari untuk mengunjungi 3 UMKM tersebut yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Januari 2022. 

Pertama, pada tanggal 13 Januari, kami mengunjungi UMKM Thai Tea. UMKM Thai Tea sendiri merupakan usaha milik Bapak Arif yang merupakan warga Desa Pule. Beliau memasarkan penjualan Thai Tea dikios milik beliau sendiri. 

Kios tersebut bertempat didepan rumah yang ditinggali beliau. Thai tea sendiri merupakan minuman susu jelly yang memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa coklat, pink lava, original, pisang, taro dan lain-lain. Beliau mengemas thai tea dalam botol sedang. Harga yang beliau tetapkan untuk satu botol Thai Tea adalah 5000 rupiah. 

Pada saat mengunjungi UMKM ini, kami membantu Pak Arif dalam proses produksi Thai Tea. Dimulai dari menyiapkan alat dan bahan, seperti botol yang sudah ditempel dengan stiker, cream susu, air putih hangat, susu kental manis, gula, neraca untuk mengukur berat jelly, jelly dan lain-lain. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline