Lihat ke Halaman Asli

Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan untuk Anak Kos

Diperbarui: 8 Mei 2017   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Menjadi seorang mahasisiwa sekaligus anak kos yang hidup jauh dari pengawasan orang tua itu sangat lah berat untuk kita sebagai mahasiswa yang tadinya setiap aktivitas kita sehari-hari selalu diperhatikan oleh orang tua,  setelah berpisah jauh merantau untuk menuntut ilmu dan hidup sendirian dirantauan tidak ada yang memperhatikan lagi setiap aktivitas yang kita lakukan. karena dari itu kita harus bisa memperhatikan kesehatan kita sendiri agar tidak sakit dan kuliah kita tidak tergangu.

Tetapi kebanyakan kesehatan? sering kali menjadi urutan paling bawah untuk para anak-anak kos, karena dengan berbagai kesibukan sendiri, dan apalagi kurangnya pengawasan dari orangtua kita. Padahal kesehatan adalah hal yang mutlak harus dilakukan dan diperlukan oleh siapapun.

Apakah sulit menjalankan pola hidup sehat selama menjadi anak kos? Tidak lah sulit ini dia tips-tips yang bisa dijalani:

  • Pilih rumah kos yang bersih dan mendapat sinar matahari
  • Memilih rumah kos adalah hal yang pertama karena kita tinggal di rumah tersebut bukan untuk satu atau dua hari tetapi kita akan tinggal dengan jangka waktu yang lama. maka wajib memilih rumah kos yang bersih, yang disekitar lingkungannya jauh dari pencemaran sampah, dan pilihlah rumah kos yang memiliki ventilasi kamar yang dapat di masuki langsung dengan matahari. Mengapa hal itu perlu? Karena kita perlu mendapatkan oksigen yang cukup dan udara segar yang keluar masuk dari ventilasi kamar. Kamar yang pengap dan lembab tidak sehat untuk ditinggali dalam jangka waktu lama. Kita akan lebih sehat bila bangun pagi dan menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari pagi saat membuka jendela kamar.
  • Pilih makanan yang sehat.
  • Mie instan adalah teman paling tidak sehat bagi anak kos, Tetapi banyak diminati oleh anak kos. Hal ini sedikit menyedihkan bagi kebanyakann anak kos selalu menyediakan stok mie instan sebagai makanan penunda lapar yang sangat peraktis. Seperti yang kita ketahui mengkomsumsi 1 bungkus mie saja racun yang ada pada tubuh kita akan hilang setelah 3 hari. bayangkan saja apabila kita mengkomsumsi setiap hari, berapa banyak racun yang mengendap dalam tubuh kita dan banyak menibulkan banyak penyakit pada tubuh kita.
  • Harus pandai memilih cemilan/ jajanan . Mengerjakan tugas dengan memakan cemilan adalah kesusakan anak kos bukan? Karena tugas yang didapat pasti banyak dan dapat diasumsikan cemilan yang masuk kedalam perut juga banyak. Memilih cemilan tak hanya enak dan murah ,tetapi harus sehat. Sehat tak harus mahal bukan? Tetapi yang mahal pun belum tentu mejamin kesehatannya disini kita harus pandai-pandai memilih makanan cemilan, kita bisamemilih keripik yg menurut kita sehat dan lepas dari bahan pengawet. Biskuit gandum dengan bahan dasar susu dan sebagai asupan bahan mineral dan serat alami.
  • Menjaga kebersihan kamar dengan teratur. Ingin sehat? maka kita wajib membersihkan kamar kos dengan teratur sekalipun jauh dari pengawasan orang tua. Jangan sampai baju kotor dibiarkan bertumpuk, karena baju kotor yang terlalu banyak maka akan memyenbabkan tempat tinggal nyamuk. Jangan membiarkan tong sampah yang berada untuk didalam kamar bercampuran sampah kering dengan basah menjadi satu, hendak lah tong sampah didalam kamar hanya sampah kering saja dan sampah basah di buang ke luar saja. Membersihkan barang-barang kamar seperti lemari dari  debu, menyapu, mengepel lantai dan jangan lupa membersihkan kamar mandi. Jika kamar kita bersih, rapi maka kita akan nyaman berada didalam kamar dan sehat juga apabila kita berada didalamnya. kita tak perlu lagi membersihkan kamar kos apabila teman kita mau main ke kos karena kos kita sudah selalu bersih.
  • Tidur 6-8 jam setiap hari. Banyak tugas? Selalu bergadang? Ini juga maknan sehari-hari untuk anak kos, agar tidak sering mengalami bergadang dan kejar tugas semalamman maka susunlah jadwal mengerjakan tugas dengan baik. Apabila kita sering tidur menjelang subuh maka tubuh akan semakin lelah dan rentan sters.
  • Jika ada waktu luang kuliah gunakan lah untuk tidur siang selama kurang lebih 30 menit – 1 Jam karena tidur siang sangat ampuh untuk membuat tubuh kita semakin prima, jika tubuh dan pikiran kita prima maka akan lebih mudah mengerjakan tugas.
  • Olah raga. Tidak sempat olah raga? Dengan alasan jadwal padat, itu salah satu alasan kebanyakan anak kos. Olah raga sangat penting untuk anak kos untuk menjaga kesehatan. Mulai sekarang mulailah untuk olah raga, jika tidak bisa setiap hari maka ambilah waktu akhir pekan, atau waktu luang minimal 1minggu sekali , jogging bersama teman-teman atau berjalan-jalan di sekitar kos kita selama kurang lebih 30 menit – 1 jam. Tubuh yang lelah selama 1minggu yang disibukan dengan berbagai aktifitas  akan kembali segar.     Tidak sulit bukan? Pola hidup sehat tidak sesulit yang dipikirkan, pola hidup sehat tidak hanya berlaku untuk mahasiswa,anak kos, orang yang sudah bekerja, berkeluarga ,tapi biasakan lah mulai dari sekarang membiasakan pola hidup sehat dalam diri kita masing-masing.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline