Lihat ke Halaman Asli

Bersama Lapor! Bergerak Mengawal Perubahan Indonesia

Diperbarui: 18 Juni 2015   03:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa berubah ke arah yang lebih baik. Tahukah kalian tentang Sungai Cheonggyecheon yang ada di Korea? Baik Korea dan Indonesia memiliki masalah krusial yang sama, yakni pencemaran badan air. Bedanya, di Sungai Cheonggyecheon pencemaran ini terjadi di masa lalu, sedangkan di Indonesia masalah ini tengah kita hadapi. Namun, akhirnya wilayah di sekitar Cheonggyecheon dapat berubah, salah satu langkah yang diambil adalah dengan menghancurkan jalan tol yang sebelumnya membentang di atas sungai. Dengan dorongan semua pihak, akhirnya sungai ini kini kianbersih dan bahkan menjadi pusat rekreasi di Korea.

Begitu juga di Indonesia, negara yang memiliki banyak pemerhati dan pemikir pastilah memiliki banyak inspirasi dan aspirasi untuk mengawal perubahan bangsa menuju lebih baik. Akan tetapi terkadang ketakutan melanda sebagian bear masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Alhasil, buah segar pemikiran yang selama ini diidam-idamkan hanya terkubur bersama nyali yang semakin ciut.

Melihat fenomena tersebut, ternyata ada organ pemerintah yang coba mengatasinya dengan menginisasi LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) sebagai wadah bagi setiap individu untuk melaporkan keluhkesahnya. Masyarakat dapat memberikan pendapat terhadap kebijakan publik, mengawasi pembangunan di sekitar, dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memantau perkembangan setiap proyek yang dilaksanakan di daerah.

Dari ide dibentuknya LAPOR! tentunya kita dapat melihat bahwa wadah ini tidak serta merta hanya sebagai sarana pasif penerima celotehan dan keluh kesah rakyat. Wadah ini memiliki fungsi ganda sebagai penampung aspirasi rakyat untuk mengawal perubahan, apalagi setiap aspirasi dan pengaduan akan diteruskan ke instansi pemerintah terkait untuk dicarikan solusi terbaiknya.

Fitur anonim” dan “rahasia” yang ditawarkan LAPOR!pun menjadi jaminan kepada rakyat bahwa identitasnya tidak serta merta dibocorkan kepada organ pemerintah terkait yang sedang dikritisi. Bersama LAPOR!,harapan negara untuk berubah ke arah yang lebih baik semakin nyata. Maka, sebagai warga negara yang baik kita selayaknya membantu sosialisasikan layanan ini kepada masyarakat luas. Tidak perlu dengan segudang kata-kata manis,cukup sampaikan aspirasi dan pengaduan anda melalui website lapor.ukp.go.id atau SMS ke 1708.

Twitter LAPOR! @LAPOR1708

Fan Page FB https://www.facebook.com/LayananPengaduanOnlineRakyat

Video LAPOR!

http://www.youtube.com/watch?v=tk3vOGSwl0A

http://www.youtube.com/watch?v=7EE2-UNo3ak

https://lapor.ukp.go.id/lapor/kisah_sukses/kisah-sukses-lapor.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline