Lihat ke Halaman Asli

Jalan Rusak dan Lampu Jalan Tidak Berfungsi? Laporkan ke Sini!

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Infrastrukturpublik yang tidakmemadaiataubelumberfungsi optimal mungkincukupseringkitatemui.Pastinyamembuatjengkel, namunkejengkalankitaternyatabiasdisalurkansecarakonstruktifkepemerintah agar bisa segeramemperbaikinya.

Pencapaian Indonesia untuk menjadi negara yang mampu memenuhi kebutuhan warganegaranyatentujugadipengaruhiolehperanserta masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan di sekitar.

Sebagian Kompasianermungkinpernah mendengar tentangLAPOR!,LayananAspirasidanPengaduan Online Rakyat yang digagasoleh Unit KerjaPresidenBidangPengawasandanPengendalian Pembangunan (UKP4). Kanaliniadalahkanalpengaduan online terintegrasipertama di Indonesia, sehinggamenjadicikal-bakal portal pengaduanterpadunasional yang harapannyadapatmendorongmasyarakatuntuklebihproaktifdanpartisipatifmengawalkinerjapemerintah.

LAPOR! menawarkan kemudahan aksesbagi kita semua untuk berinteraksi dengan pemerintah dan mengadukan segala jenis permasalahan yang tidak beres di sekitar kita. Cukupsampaikansecarajelasdanlengkapke website lapor.ukp.go.id, SMS 1708, atauaplikasi mobile (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lapor ).

Kita pastipernah mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke berbagaidaerah danmerasakansejauhmanatingkatpemenuhankebutuhaninfrastrukturbagimasyarakat.Jalanrusak, peneranganjalanumumtidakberfungsi, drainasetersumbat, saluran air bocormenjadimasalah yang dirasakan.Alangkahbaiknyajikakitabantupemerintah agar lebihcepatmengetahuidanmengatasimasalahtersebut, sehinggapeningkataninfrastrukturpublicdapatsegerakitanikmati.

Selamabiasmengakses internet atauterhubungdengansinyalteleponseluler, segerasajasampaikanmasalah-masalahtersebutke LAPOR!. Kita jugabiassampaikanmasalahlainseputarpembangunandanpelayananpublik di sekitarkita. Adanya kanal pengaduan online ini sebenarnya memberikan jalan kepada kita untuk lebih cepat menyampaikan aspirasi dankeluhan tanpa melalui birokrasi yang berbelit.

Sebagaicontoh, rusaknya lampu jalan dapat kita laporkan kepada LAPOR! agar nantinya segala keluhan kita dapat diketahui dandiperbaikioleh pihak yang berwenang. Salah satu kisah sukses yang tercatat dalam website LAPOR! menunjukkan bahwa hanya dalam jangka waktu 3 hari, lampu penerangan jalan umum yang rusak pun diperbaiki oleh pemerintah daerah terkait. Kinerja yang sangat memuaskan, bukan?

Jika Kompasianer ingin mengetahui lebih rinci laporan masyarakattersebut, anda dapat membacanya di link ini https://lapor.ukp.go.id/id/1252589. Kesukseskaninitentuhasilkolaborasipemerintahdanmasyarakat yang maubahu-membahubekerjasama.Dari kesuksesan dan kecepatan menindaklanjuti pengaduan masyarakat, saya merasa bahwa menggunakan LAPOR! merupakan alternative pilihan cerdas yang layakdicoba.

Rebut hak kita sebagai warga negara untuk mendapatkan fasilitas publicyang layak. Suarakan pengaduanmu melalui website lapor.ukp.go.id atau melalui SMS ke 1708 agar setiap pengaduan kita dapat diproses dan diawasi ketuntasannya.

Kalauadapertanyaan, janganTanyasaya, tanyakansajalangsungmelalui twitter@LAPOR1708 ataufacebook

https://www.facebook.com/LayananPengaduanOnlineRakyat .

Ada juga video-videonya yang biasdisimak di:

http://www.youtube.com/watch?v=tk3vOGSwl0A

http://www.youtube.com/watch?v=7EE2-UNo3ak

https://lapor.ukp.go.id/lapor/kisah_sukses/kisah-sukses-lapor.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline