Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Lantip 4 Unnes Melakukan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode 'Think-Pair Share' (TPS) untuk Meningkatkan Kreativitas

Diperbarui: 2 Oktober 2024   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat, pembelajaran kali ini dilakukan menggunakan metode 'Think-Pair-Share' (TPS) di kelas Bahasa Inggris. Yekti Muktiasih, salah satu mahasiswa Lantip 4, memimpin pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Metode 'Think-Pair-Share' dipilih karena dinilai efektif dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok kecil, dan berani menyampaikan ide-ide mereka secara terbuka di depan kelas.

"Metode ini sangat membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas berpikir, terutama saat mereka harus berpasangan untuk saling bertukar pikiran sebelum menyampaikan hasil diskusi kepada seluruh kelas," ujar Yekti.

Selama pembelajaran berlangsung, siswa diberikan waktu untuk berpikir secara individu tentang materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Setelah itu, mereka berpasangan untuk berdiskusi dan berbagi pendapat. Terakhir, setiap pasangan diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi mereka kepada kelas. Metode ini tidak hanya membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membangun rasa percaya diri mereka dalam berbicara di depan umum.

Ma'am Atiek, guru pamong yang mendampingi kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap metode yang digunakan. "Saya melihat siswa menjadi lebih bersemangat dan berani menyampaikan pendapat mereka. Metode ini memang sangat cocok diterapkan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa."

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang diikuti oleh mahasiswa Lantip 4. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu mengajar secara efektif, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan keterampilan siswa di sekolah.

Dengan keberhasilan pelaksanaan metode 'Think-Pair-Share' dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini, diharapkan semakin banyak siswa yang terlibat aktif dalam proses belajar dan mampu mengembangkan kreativitas serta kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline