Lihat ke Halaman Asli

Jenis-Jenis Tes Hasil Belajar

Diperbarui: 4 Oktober 2023   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Pendahuluan

Puji syukur saya panjatkan kepada Sang Pencipta atas rahmatnya sampai saat ini saya masih diberikan kekutan serta kesehatan oleh Tuhan.

B. Pengertian tes dalam hasil belajar

Tes hasil belajar disebut dengan tes penguasaan, karena tes ini berfungsi mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Tes diujikan setelah peserta didik memperoleh sejumlah materi sebelumnya dan pengujian dilakukan untuk mengetahui penguasaan peserta didik atas materi tersebut.  Karenanya, tes hasil belajar yang baik harus mampu mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami materi-materi yang diajarkan. 

Tes hasil belajar merupakan sumber data dan sebagai evaluasi bagi guru maupun pihak sekolah. Dengan tes tersebut, peserta didik dapat mengetahui kemampuannya dalam penerimaan materi dibanding dengan temantemannya.  
Purwanto mengemukakan bahwa "tes hasil belajar merupakan tes penguasaan, karena tes ini mengukur penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru atau dipelajari oleh siswa".3 Sedangkan menurut Sudijono, ia mengemukakan bahwa "tes hasil belajar adalah salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengukur perkembangan atau kemajuan belajar peserta didik".  Dari definisi para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa tes hasil belajar adalah tes yang digunakan untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan serta dapat mengukur perkembangan kemajuan belajar peserta didik.  

Tes yang digunakan untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan serta dapat mengukur perkembangan kemajuan belajar peserta didik. dicapai oleh peserta didik setelah mereka menempuh proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu

C. Fungsi Tes Hasil Belajar

Secara umum, ada dua macam fungsi yang dimiliki oleh tes,
yaitu:
a.Sebagai alat pengukur terhadap peserta didik. Dalam hal ini tes berfungsi mengukur tingkat perkembangan atau kemajuan yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mereka menempuh proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu.


b.Sebagai alat pengukur keberhasilan program pengajaran, sebab melalui tes tersebut akan dapat diketahui sudah seberapa jauh program pengajaran yang telah ditentukan telah dapat tercapai.  

C. Jenis Jenis Tes Hasil Belajar

1. Tes seleksi. Sering dikenal dengan istilah "ujian saringan". Tes ini dilaksanakan dalam rangka penerimaan calon siswa baru, hasil digunakan untuk memilih calon peserta didik yang tergolong paling baik dari sekian banyak calon yang mengikuti
tes.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline