Lihat ke Halaman Asli

Y. H. Yogaswara

Belajar Tambah Ajar

Kenapa Harus "X"?

Diperbarui: 5 Juni 2022   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

9gag.com

KENAPA HARUS "X"?
@yh.yogaswara  

Dalam matematika aljabar, simbol "X" secara umum merepresentasikan "nilai yang belum diketahui" atau "unknown variable". Definisi ini meluas pada "sesuatu yang belum diketahui", hingga keluarlah istilah  X-Files, faktor X, lasa X, dan lain sebagainya. Lalu, kenapa harus "X"?

Ternyata, semua mengakar pada kitab Al-Jabar karangan Al Khawarizmi (780-850 Masehi). Kitab yang pertama kali merepresentasikan solusi persamaan linier dan kuadratik ini mendefinisikan "" (baca: al-syaiun) sebagai "sesuatu yang tidak diketahui". Definisi ini diwakili dengan huruf " (syin)" dengan pelafalan "shh".

Pada saat kitab Al-Jabar dibawa dan diterjemahkan ke dalam bahasa Spanyol, tidak ada padanan huruf dan pelafalan sebagaimana dalam kitab orisinilnya. Maka dibuatlah konvensi mengganti pelafalan "shh" dengan meminjam huruf Yunani ke-22 "" atau "xi" (baca: khei) yang dilafalkan "chi". Saat saya ikut kuliah Prof Hari Muhammad di Ganesha 10, beliau masih menggunakan pelafalan "chi" saat menjelaskan suatu persamaan matematika.

Selanjutnya, saat kitab Al-Jabar diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, mereka mengganti " (khei/chi)" menjadi "X (ex)". Salah satu pertimbangannya karena memiliki simbol huruf yang hampir sama. Walaupun pelafalannya berbeda. Maka perubahan ini terpatri sebagai buku teks pelajaran Al-Jabar, menyebar ke seluruh dunia, dan bertahan selama ratusan tahun hingga sekarang.

Secara ringkas, urutan perubahan "sesuatu" dalam aljabar adalah:
Bahasa Arab: (syin/shh)
Bahasa Spanyol: (khei/chi)
Bahasa Latin: X (ex)

Jadi, kenapa "sesuatu yang tidak diketahui" menggunakan simbol huruf "X"? 

Karena orang Spanyol tidak bisa melafalkan "shh"!  

Katanya sih, begitu...


=========
Sumber:
Moore, Terry. (2012) Why is 'x' the unknown? TED. Retrieved from https://www.ted.com/talks/terry_moore_why_is_x_the_unknown?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline