Lihat ke Halaman Asli

Yegar Sahaduta Jaka Y.S

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Perkembangan Sepatu Nike Air Jordan 1 dan Citra Diri Penggunaannya

Diperbarui: 4 Juni 2022   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Halo semua!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejarah salah satu sneakers dari brand Nike yang pastinya keren banget. Setelah itu kita juga akan membahas bagimana sepatu ini bisa menjadi citra diri bagi para pemakainya. Tidak usah lama-lama lagi, yuk langsung kita bahas!

Sejarah Singkat Air Jordan 1

Menurut situs vantage.id Sepatu Air Jordan 1 ini pertama kali di luncurkan oleh Nike pada 15 September 1985. Sepatu ini merupakan hasil karya dari seorang desainer bernama Peter Moore, yang saat itu sangat digemari dan laku keras. Kemudian nama besar sang legenda basket NBA Michael Jordan, ikut membuat produk ini semakin laku keras di pasaran. Karena produk ini begitu diminati oleh pasar, sampai-sampai pada saat itu di Amerika Serikat 1 sepatu ini setara dengan 1 nyawa manusia. Karena begitu berharganya sepatu ini, pada saat itu dapat di kategorikan sepatu ini lebih berharga dari emas. Itulah yang kemudian membuat sepatu ini menjadi incaran semua orang. Hal ini juga mengakibatkan banyak tindakan kriminal seperti perampasan dan pencurian, hanya untuk mendapatkan sepatu Air Jordan 1 ini.

Air Jordan 1 memiliki sepak terjangnya sendiri. Pada saat itu sepatu ini sempat dilarang penggunaannya oleh NBA, karena pada saat itu NBA memiliki regulasi dimana sepatu yang digunakan untuk bertanding hanya boleh berwarna hitam dan putih sementara saat itu Air Jordan 1 berwarna merah dan hitam. Pada saat itu sang legenda Michael Jordan juga bahkan tidak mau menggunakan sepatu itu karena warnanya hitam dan merah yang identik dengan warna iblis. Tidak hanya itu saja, pada saat itu Nike juga harus membayar denda dari NBA karena melanggar regulasi warna sepatu sebesar Rp7,8 Miliar per pertandingan. Tentunya itu bukanlah nominal yang kecil, namun Nike tetap membayarnya dengan harapan supaya produknya bisa tetap ikut tampil saat Michael Jordan berlaga.

Pembahasan

Meskipun harus melewati penolakan dari banyak pihak dan bahkan pemakainya sendiri yaitu Michael Jordan, sepatu ini tetap dapat bertahan dengan ciri khasnya. Dari awal munculnya hingga saat ini, Air Jordan 1 atau biasa disingkat AJ1 memiliki jutaan peminat yang bangga menggunakannya. Berkat sejarahnya yang panjang membuat sepatu ini menjadi primadona hampir semua orang terutama para penggemar olahraga basket dan fans Michael Jordan. 

Tidak heran jika dari awal kemunculannya sepatu AJ1 ini memiliki banyak peminat sampai sekarang. Karena begitu banyaknya peminat dan juga sepatu ini memiliki sejarah tersendiri membuat harganya pun mahal di pasaran. Harga  sepatu Air Jordan bervariasi mulai dari yang biasa sekitar Rp3 jutaan dan yang tertinggi bisa mencapai Rp 15 jutaan bahkan lebih.

Inilah yang kemudian membentuk sebuah pride tersendiri bagi para pemilik sepatu AJ1 ini. Ketika seseorang menggunakan sepatu ini maka orang tersebut akan memiliki kebanggaan tersendiri, hal ini karena :

1. Air Jordan harganya mahal, jadi kemungkinan hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya.

2. Air Jordan sepatu bersejarah, artinya orang-orang yang membeli Air Jordan sangat mencintai dan menghargai sang legendanya yaitu Michael Jordan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline