Lihat ke Halaman Asli

Yegar Sahaduta Jaka Y.S

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Komunikasi Non Verbal Dalam Film "The Shape of Water" (2017)

Diperbarui: 9 November 2021   00:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Istilah komunikasi nonverbal sendiri mulai diperkenalkan oleh seorang psikiater bernama Jurgen Ruesch dan penulis Weldon Kees lewat buku Nonverbal Communication yang berjudul ''Notes on the Visual Perception of Human Relations'' pada tahun 1956. Definisi dari  komunikasi nonverbal sendiri adalah transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh termasuk kontak mata, ekspresi wajah, hingga gerakan tubuh. Komunikasi nonverbal tidak hanya bisa dilakukan secara langsung tapi juga bisa melalui media, contohnya melalui foto, video atau film. Dalam keempatan kali ini kita akan membahas tentang komunikasi nonverbal yang ada pada film yang berjudul ''The Shape of Water'' yang rilis pada tahun 2017.

Film ini bercerita tentang persahabatan antara manusia dan monster, film ''THE SHAPE OF WATER'' menjadi film yang menarik untuk ditonton. Film ini pun juga dibuat versi novelnya yang ditulis oleh del Toro dan Daniel Kraus dan rencananya akan dirilis pada 27 Februari mendatang. Film ini berlatar belakang era Perang Dingin di tahun 1960-an, dimana ada seorang wanita bernama Elise (Sally Hawkins) yang bisu tinggal sendirian dan lebih banyak menghabiskan waktunya bersama Giles, tetangganya. Elise bekerja di sebuah laboratorium Occam Aerospace Research Center sebagai seorang petugas kebersihan bersama temannya Zelda Fuller (Octavia Spencer). Saat ia bekerja di dekat sebuah bejana yang penuh dengan air, Elisa terkejut dengan suara aneh dari dalam bejana tersebut. Belakangan akhirnya Elisa mengetahui bahwa itu merupakan makhluk amfibi bak monster. Kemunculan monster tersebut nyatanya tidak membuat Elisa ketakutan. Ia justru bisa berteman baik dengan monster yang diperankan oleh Doug Jones itu.

Dari sinopsis singkat diatas mungkin anda akan bertanya-tanya tentang apa hubungannya antara film tersebut dengan komunikasi nonverbal, berikut adalah penjelasannya.

Dari film tersebut dapat disimpulkan bahwa sesuai fungsinya komunikasi nonverbal juga memiliki peran penting setelah komunikasi verbal. Hal ini karena tidak semuanya dapat diungkapkan melalui kata-kata. Komunikasi nonverbal juga secara tidak langsung dapat menunjang efektivitas komunikasi apabila informasi yang akan disampaikan bersifat rahasia, karena komunikasi nonverbal juga biasanya hanya diketahui oleh orang tertentu dan biasanya yang mengerti hanya orang yang dituju.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline