Lihat ke Halaman Asli

Yeftha Adinta

Hey ladies

KKN FPB UKSW-Pembuatan Website Desa Sumberejo dan Site Plan Taman Guna Membantu Pengembangan Potensi Desa Wisata

Diperbarui: 26 April 2022   19:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Desa Sumberejo yang terletak di Kabupaten Magelang ini menjadi tempat dijalankanny kegiatan KKN Fakultas Pertanian dan Bisnis UKSW tahun 2022. KKN ini diselenggarakan pada tanggal 18 Februari sampai 4 April 2022. Dalam kegiatan KKN beranggotakan 4 orang dan dibantu oleh pembimbing kami yaitu Ibu Damara Dinda Nirmalasari Zebua, SP., MP.  Kelompok kami membawa tema KKN yaitu Desa Wisata.

Desa Sumberejo memiliki kekayaan alam dan keindahaan alam yang melimpah yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas yang ingin berkunjung kesana. Desa Sumberejo ini berada di dataran ketinggian dengan dikelilingi pesona keindahan Gunung Merbabu, Gunung Andong , Gunung Sindoro, Gunung Telomoyo yang dapat kita lihat saat berkunjung ke Desa Sumberejo.

Upaya kami dalam mengembangkan Desa Wisata di Desa Sumberejo, Kami mahasiswa KKN melakukan survei dan observasi guna membantu kami dalam mengerjakan program kerja kami yaitu pembuatan Website Desa Wisata dan Site Plan Taman Bunga guna mewujudkan desa Sumberejo menjadi Desa Wisata berbasis edukasi dalam mendukung dan meningkatkan ekonomi desa. 

Desa Sumberejo memiliki tanah seluas 3,5 ha yang dikelola Kepala Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes). Tanah tersebut direncanakan akan digunakan untuk pembangunan Café dan tempat wisata/ Agrowisata. Dalam membantu pembuatan Desa Wisata Kami memiliki program kerja yaitu membuatn Website desa wisata Sumberejo dan SitePlan taman yang dapat membantu mengembangkan desa wisata.

Pada pembuatan Website ini kami di bantu oleh salah satu teman kami yang kuliah di Fakultas Teknologi dan Informatika. 

Dokpri

Website ini berisikan informasi mengenai desa Sumberejo dari segi Budaya, Alamnya, Pemerintahan Desa, dan lain-lain yang dapat dimasukan dalam website. 

Pembuatan Website ini ditujukan kepada pemuda desa sebagai pengelolanya nantinya agar mereka juga dapat paham dan mengerti dalam memanfaatkan internet sebagai media informasi. Pembuatan Website ini dimaksudkan agar membantu Desa Sumberejo dalam menginformasikan dan memasarkan kekayaan yang terdapat di Desa ini. 

Dengan adanya Website Desa Sumberejo ini guna menarik wisatawan untuk datang dan berkunjung serta menikmati kekayaan  yang dimilki Desa Sumberejo, dengan adanya Website ini juga mampu membantu dalam promosi dan pemasaran produk agrowisata. 

Dokpri

Pada Program kerja kami yang kedua yaitu pembuatan Site Plan Taman. Dalam program kerja kedua ini kami melihat potensi pada lahan yang dikelola oleh BUMDes sehingga kami memiliki ide yaitu pembuatan taman bunga Celosia atau yang sering disebut Jengger Ayam. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline