Lihat ke Halaman Asli

Yean Arya Wisnu

Geography Education' 21 State University of malang

Sosialisasi Pemahaman SMA 2 Batu tentang Cyberbullying

Diperbarui: 19 Desember 2022   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Project pengabdian mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yang mengusung kegiatan sosialisasi mengenai cyberbullying di SMA 2 Kota Batu, Cyberbullying merupakan bentuk tindakan berulang yang ditunjukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

Pada sosialisasi ini memberikan edukasi kepada siswa - siswi SMA 2 Kota Batu agar mengetahui pentingnya menghindari bullying di sekolah dan mengetahui dampak negatifnya, sehingga dengan tidak adanya praktik bullying di lingkungan sekolah para siswa dapat belajar menghargai dan mengembangkan potensi dengan optimal sebagai generasi penerus bangsa.

Bullying merupakan tindakan dimana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan, baik secara verbal maupun non verbal. Macam macam bullying ada banyak yaitu verbal fisik, sosial dan cyberbullying. Yang pertama dalam bentuk verbal, artinya adalah menggunakan kata kata kata untuk menyakiti orang lain, contohnya menghina membentak, mencaci, menyindir, dan lain-lain. 

Yang kedua dalam bentuk fisik artinya menggunakan kekerasan untuk menyakiti orang lain atau mengontrol orang lain, contohnya adalah seperti memukul, mendorong, menghancurkan barang orang lain dan lain-lain. Bullying dalam bentuk sosial seperti mengucilkan, dan mengabaikan orang. Selain itu, di zaman yang serba teknologi ini bullying pun bisa melalui gadget, dan media sosial yang disebut Cyberbullying. Cyberbullying adalah saat seseorang menggunakan tekonologi untuk menyakiti orang lain, menyebarkan fitnah, dan meneror melalui media elektronik. 

Pada saat penyampaian meteri, para siswa sangat antusisas dalam mendengarkan persoalan mengenai permasalahan yang dihadapi oleh beberapa siswa SMA 2 Kota Batu.

Setelah materi selesai, siswa diberi pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan dan para siswa yang dapat menjawab akan diberi hadiah berupa gantungan kunci dan 3 merchandise um dari kami. setelah selesai selanjutnya di lanjutkan dengan foto bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline