Lihat ke Halaman Asli

YDSF Peduli

copywriter/YDSF_peduli

Sejarah Santri, Asal-usul Kata Santri

Diperbarui: 2 November 2023   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Santri yang dikenal di dalam masyarakat Indonesia identik dengan murid yang belajar agama atau yang belajar di lingkup pondok pesantren Islam.

Dari sekian banyak lembaga pendidikan pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak berkembang di masyarakat.

Kata santri sangat lekat dengan keseharian seorang gigih dalam menuntut ilmu agama. Selain itu santri tak lepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia, terutama upaya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejak tahun 2015 telah dicetuskan Hari Santri yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 22 Oktober.

Namun, ternyata banyak dari kita yang belum benar-benar tahu sejarah santri. Bahkan mungkin belum tahu bagaimana asal-usul kata santri.

Siapa sangka ternyata kata santri  bukanlah berasal dari bahasa Arab. Hal ini mungkin agak menggelitik sebagian besar orang.

Padahal kata santri sendiri sering digunakan untuk menyebut penuntut ilmu agama khususnya seorang yang belajar agama Islam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata santri memiliki dua makna, yakni orang yang belajar agama Islam dan makna lainnya adalah orang yang beribadah dengan sungguh-sungguh atau orang saleh.

Menurut seorang profesor dari Universiteit Leiden, CC Berg, santri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu "shastri" yang berarti orang yang belajar kitab-kitab Agama Hindu.

Kata shastri dalam perkembangannya berubah menjadi kata santri.

Selanjutnya kata pesantren berasal dari kata pe-santri-an yang artinya tempat belajar  atau keberadaan orang-orang yang menuntut ilmu agama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline