Lihat ke Halaman Asli

Yazid NuurShafwan

Mahasiswa Film dan Televisi

Mahasiswa UPI KKN di Kelurahan Sukawarna dengan Mengusut Tema "Gotong Royong Antar Penduduk"

Diperbarui: 21 Agustus 2022   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Seperti yang diketahui beberapa kampus di Indonesia kembali mengadakan Kuliah kerja nyata kembali di tahun 2022. Salah satunya kampus Universitas Pendidikan Indonesia yang kembali mengadakan kkn. 

Kkn ini dilaksanakan pada 11 Juli sampai 10 Agustus 2022 dan Terhitung sebanyak 7.089 mahasiswa yang terdiri dari 5.607 Mahasiswa KKN Reguler dan 1.475 Orang KKN Rekognis yang ikut serta dalam kegiatan kuliah kerja nyata ini.

Kkn di upi ini terbagi menjadi 149 kelompok, yang dalam satu kelompok nya terdapat 29 sampai 31 orang. Sebanyak 149 kelompok melaksanakan kkn dengan lokasi yang terpencar di berbagai daerah di kota bandung sampai kabupaten Bandung dan juga luar kota Bandung.

Salah satunya Kelompok 39 yang melaksanakan kkn di kecamatan sukajadi Para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kelompok 39 ini di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Fahry Ahmad, S.Par., M.M.Par. Mereka melaksanakan kkn dengan tema “ Desa Tanggap Budaya”. 

Dengan tema tersebut, kelompok 39 ingin meningkatkan budaya gotong royong masyarakat melalui program kerja yang dibuatnya. Kelompok 39 ini dipecah menjadi beberapa kelompok kecil yang terbagi di 5 kelurahan yaitu kelurahan Sukabungah, Sukagalih, Cipedes, Pasteur, dan Sukawarna.

Terdapat 6 mahasiswa yang melaksanakan kkn di kelurahan sukawarna mereka membuat beberapa program kerja dengan tujuan meningkatkan sisi gotong royong warga/ masyarakat sekitar. Selain program yang mereka buat sendiri terdapat beberapa program yang sudah ada disana yang dilaksanakan secara rutin, salah satunya program “Jumsih” atau Jumat Bersih-bersih, 

kegiatan ini telah dilakukan warga sedari lama dan para mahasiswa upi ini mengikuti program tersebut dengan membantu warga membersihkan lingkungan sekitar. Lalu ada program Senam bugar bahagia yang juga kegiatan ini telah rutin dilakukan oleh warga setiap hari rabu sore, dan di ikuti oleh para mahasiswa upi dengan tujuan ikut meramaikan kegiatan warga sekitar. 

Lalu ada “Nyalot” atau nyaah ka kolot yang kegiatan ini juga telah dilakukan sedari lama oleh warga seiktar setiap hari jumat siang, dan kebetulan pelopor dari kegiatan ini adalah Ibu dari salah satu mahasiswi yang melaksanakan kkn di kelurahan Sukawarna.

Dan ada beberapa Program yang dibuat mandiri oleh para mahasiswa upi ini, Yaitu program Sekolah lingkungan yang dilaksanakan setiap hari sabtu, dan bertujuan meningkatkan sisi gotong royong dan silaturahmi anak-anak di kelurahan Sukawarna. 

Lalu ada program Sosialisasi ke Sdn 136 Sukawarna, Kegiatan ini dilakukan 2 hari dengan membawakan tema “gotong royong dan toleransi” dengan tujuan lebih meningkatkan sisi gotong royong terhadap anak-anak yang dibangun sedari kecil untuk generasi penerus yang hebat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline