Lihat ke Halaman Asli

Sabtu Literasi: Permainan Susun Kata sebagai Wadah Pembangun Literasi Siswa SMPN Negeri 1 Narmada

Diperbarui: 2 Juli 2024   05:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc KM7 SMP Negeri 1 Narmada

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena dengan adanya pendidikan akan tercipta manusia yang berkualitas, berintelektual, berkarakter, dan terhindar dari kebodohan. Untuk itu, salah satu cara agar menjadi seorang yang terdidik baik secara wawasan pengetahuan maupun moral adalah melalui membaca. Membaca dapat membuka jendela wawasan yang sangat luas bagi seseorang untuk bisa berkembang secara pemikiran. 

Namun, telah ditemui banyak sekali orang yang memiliki kekurangan pada minat baca mereka. Tak jarang mereka beranggapan bahwa membaca merupakan kegiatan yang membosankan. Padahal, dengan adanya minat baca itulah kegiatan membaca dapat menjadi sebuah hobi bagi seseorang. Literasi alangkah baiknya dibiasakan sedari dini, agar terus menerus menjadi sebuah kebiasaan yang tentunya mendatangkan banyak manfaat bagi seseorang. Kegiatan literasi juga perlu diterapkan sebagai rutinitas di sekolah, guna membangun minat baca sedari dini kepada para siswa. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun kebiasaan literasi pada siswa, salah satunya dengan kegiatan Sabtu Literasi. Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 7 yang bertugas di SMP Negeri 1 Narmada diberikan kesempatan oleh pihak sekolah untuk mengawali Sabtu pagi dengan permainan. Sehingga, kami memilih permainan yang mendekatkan para siswa pada kemampuan literasi. Salah satunya yaitu permainan susun kata.

Permainan pada kegiatan Sabtu Literasi ini dilaksanakan di lapangan sekolah. Dengan menyiapkan beberapa pertanyaan teka teki dan disediakan banyaknya macam huruf yang nantinya mereka susun berdasarkan jawaban yang tepat dari teka teki yang diberikan.

Didapatkan banyak sekali manfaat dengan adanya kegiatan Sabtu Literasi oleh mahasiswa kampus mengajar dapat menjadi wadah pembangunan literasi pada diri peserta didik. Seiring berjalannya permainan pada Sabtu Literasi tersebut, peserta didik dapat menunjukkan beberapa hal-hal postif yang didapatkan harapannya dapat membangun karakter dan literasi mereka, hal-hal tersebut, yaitu sebagai berikut:

a) Kerja sama tim

Dalam permainan susun kata yang dilakukan secara estafet tentu membutuhkan kerjasama tim yang baik dalam pelaksanaannya. Tidak hanya terpaku oleh satu orang saja, namun seluruh anggota kelompok juga ikut ambil alih dalam permainan.

b) Tingkat pemahaman

Ketika teka-teki diberikan kepada mereka, disitulah pemahaman mereka akan dilatih untuk menemukan jawaban yang tepat terhadap teka-teki tersebut. Dalam hal ini siswa dapat berdiskusi singkat dan bertukar pikiran kepada anggota tim terhadap pemahaman mereka mengenai teka teki yang diberikan.

c) Ketelitian

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline