Lihat ke Halaman Asli

Bintang

اللهم اجعلنا ممن يخدم الاسلام

Keajaiban Sunnah di Balik Bersin untuk Kesehatan

Diperbarui: 24 Juli 2020   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi (Foto: Healthxchange)


 

Bersin adalah salah satu respon tubuh untuk mengatasi iritasi dari hidung atau tenggorokan. Ketika ada sesuatu yang bisa mengganggu hidung, sebuah pesan akan dikirim ke bagian otak di mana pusat bersin berada. Kemudian pusat bersin mengirimkan pesan ke otot-otot tertentu seperti otot tenggorokan bagian belakang, otot yang mengatur pita suara, otot kelopak mata, otot perut dan otot dada. Sejumlah otot ini bekerja sama untuk membuat seseorang bersin.

Secara medis, ketika seseorang bersin terjadi peningkatan tekanan perut yang dapat membahayakan ibu hamil. Selain itu, ketika seseorang bersin maka terjadi tekanan di dalam otak dan mata. Hal tersebut juga dapat menyebabkan pendarahan internal. Namun dengan kuasa Allah hal tersebut tidak terjadi dalam banyak kasus.

Dr. Ahmad Syauqi Ibrahim, anngota Royal Society of Medicine di london mengatakan Bahwa apa yang terjadi ketika  bersin, yang didahului oleh proses pengambilan nafas mendalam kemudian mengeluarkannya secara tiba-tiba  dapat menimbulkan serangkaian perubahan fisiologis (kerusakan pada tubuh manusia) yang sagat rumit dan kompleks. Di balik semua fakta ilmiah tersebut, inilah bukti bahwa ampunan Allah yang maha kuasa telah turun kepada manusia, hal itu juga menyelamatkan  manusia dari ancaman yang serius dalam tubuh manusia, yang bisa saja terjadi secara mendadak.

 

Manfaat bersin bagi kesehatan 

Bersin merupakan cara alami hidung untuk membersihkan semua yang ada dalam hidung. Polutan dan bakteri berbahaya yang telah disaring hidung dan menetap di dalam hidung, bisa dikeluarkan saat kita bersin. Selain itu bersin dapat menghilangkan kuman. Mulkosa hidung atau jaringan yang melapisi rongga hidung dapat memicu bersin saat ada "penyusup" seperti virus berbahaya atau pemicu alergen datang, sehingga hal tersebut dikeluarkan kembali oleh hidung.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah (dengan mengucapkan ‘Alhamdullillah’). Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ‘ha’, maka saat itu setan menertawakannya.” (HR Bukhari)

Bersin merupakan sesuatu yang disukai karena bersin dapat menyehatkan badan dan menghilangkan keinginan untuk selalu mengenyangkan perut, serta dapat membuat semangat untuk beribadah. Maka mengucapkan alhamdulillah ketika bersin merupakan suatu bentuk Syukur  sebab bersin adalah sebuah kenikmatan dari Allah, dengan bersin hawa udara yang berada di kepala akan keluar, maka seorang yang bersin akan merasakan badannya ringan dan segar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline