Perkembangan dunia digital membuat banyak lapangan kerja baru, salah satunya adalah Content Creator. Seorang Konten Kreator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan konten digital di berbagai platform seperti media sosial, blog, video, podcast, dan lainnya. Tujuan utama Konten Kreator adalah menghasilkan konten yang menarik dan relevan untuk audiensnya. Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar, video, meme, ilustrasi, atau apapun yang dapat dikonsumsi oleh pengguna di platform digital.
Content creator biasanya memiliki keahlian dalam bidang tertentu, seperti fotografi, desain grafis, penulisan, pembuatan video, atau keahlian lain yang relevan dengan konten yang ingin mereka ciptakan. Mereka berusaha untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens mereka dengan konten yang kreatif, informatif, dan menarik.
Beberapa platform populer yang digunakan oleh Konten Kreator untuk mempublikasikan karyanya termasuk YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, blog pribadi, dan platform lainnya. Peran content creator menjadi semakin penting dalam era digital karena konten digital menjadi cara efektif untuk berinteraksi dengan audiens, membangun merek, dan menciptakan dampak positif.
Karena besarnya perkembangan dunia Konten Kreator, banyak perusahaan, brand atau Lembaga yang memfasilitasi para Konten Kreator menyalurkan kemampuannya. Salah satunya adalah perusahaan ekspedisi logistik terkemuka JNE yang mengadakan JNE Content Competition 2023. Content Competition ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun JNE 32 tahun.
Senin, 10 Juli 2023 JNE telah melaksanakan Awarding Content Competition 2023 bersama penyelenggara kompetisi Kumparan, yang di dilaksanakan di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V No. 6, RT 03/05, Melawai, Jakarta Selatan. Pemenang yang telah diumumkan pada tanggal 4 Juli 2023 lalu melalui situs Kumparan dan JNEWS Online serta Instagram @JNE_ID.
Total keseluruhan sebanyak 48 pemenang dengan 4 kategori diundang untuk menghadiri acara penyerahan hadiah secara hybrid. Acara tersebut dihadiri oleh 4 dewan juri yaitu, Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito. Tak hanya itu, turut hadir pula Bapak Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Bapak Eri Palgunadi selaku Marketing Group Head JNE, dan acara ini dipandu oleh MC Ario Astungkoro.
Penyelenggaraan JNE Content Competition 2023 yang ke 10 kali ini mengusung tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama". Tema ini dimaknai sebagai progress, pertumbuhan, pergerakan dan perjalanan perusahaan. Tema tersebut diharapkan dapat menebarkan energi positif dan optimise bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi.
JNE Content Competition sudah berlangsung sejak tahun 2011, sampai tahun ini penyelenggara lebih dari 3000 peserta dengan total 6.300 karya dari seluruh Indonesia yang telah memberikan inovasi untuk masyarakat. Dan pada tahun ini, kompetisi ini menambahkan 2 kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar, agar memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya.
Joshua Simanjuntak, Staff Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing mengatakan "Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada JNE yang telah menyelenggarakan Content Competition yang ke 10 yang sangat luar biasa sekali. Walaupun sebagai perusahaan logistik, namun memberikan perhatian besar kepada dunia kreativitas. Yang dengan kategori literatur, foto, design, dan video tentu hasilnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas."