Lihat ke Halaman Asli

Ya Yat

TERVERIFIKASI

Blogger

Menanti Investor G20 untuk Mengolah Sekam Padi

Diperbarui: 21 Juli 2022   22:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

padi menjelang panen (dok.freepik.com)

Selama ini banyak orang tahu bahwa sekam padi digunakan sebagai media tanam dan pupuk organik. Padahal sekam padi punya manfaat lebih dari itu. Sekam padi adalah lapisan paling luar dari padi atau sering disebut kulit padi. Menurut sebuah penelitian, sekitar 20% berat padi ini adalah sekam.

Jika musim panen tiba, sekam padi dari bekas panen melimpah ruah. Pemanfaatan sekam padi belum berjalan maksimal sehingga kebanyakan sekam padi hanya terbuang sia-sia. Padahal sekam padi punya nilai ekonomis jika diolah lagi.

Indonesia menjadi presidensi G20 tahun ini. Acara Internasional ini akan digelar di Bali ini dan akan diikuti oleh 20.988 delegasi dari 20 negara yang menjadi anggota konferensi tingkat tinggi. G20 punya banyak dampak positif terhadap negara kita, mulai dari peningkatan wisatawan sampai peningkatan investasi. G20 menjadi kesempatan para UMKM menarik investor.

Pengolahan sekam padi menjadi produk bernilai ekonomis bisa menjadi salah satu daya tarik investasi di bidang pertanian. Investasi hijau adalah salah satu jenis investasi yang masuk dalam pembahasan G20.

sekam padi bisa bernilai ekonomis (dok.freepik.com)

Sekam padi pernah diolah menjadi bahan kerajinan oleh para mahasiswa dan mahasiswi UGM. Para mahasiswa dan mahasiswi ini menggiling sekam padi bekas panen, mengelem lalu membentuknya menjadi gelas unuk souvenir. 

Masyarakat sekitar juga diajarkan untuk membuat kerajinan ini sekaligus memberikan pelatihan untuk pemasaran.

Sekam padi juga digunakan oleh Danone specialized Nutrition Indonesia sebagai bahan bakar untuk boiler biomassa di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan, yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia.

Danone SN Indonesia bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) dalam membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%.

sekam padi bisa untuk listrik (dok.freepik.com)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline