Lihat ke Halaman Asli

Ya Yat

TERVERIFIKASI

Blogger

MotoGP Phillip Island, Rossi Gagal Podium

Diperbarui: 18 Oktober 2015   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rossi nggak berhasil naik podium di seri MotoGP Australia yang berlangsung di Phillip Island, hari ini Minggu 18 Oktober 2015. Seri Phillip Island bisa dibilang sebagai "Battle of the Decade", betapa tidak, balapan sepanjang 27 lap tadi berlangsung penuh pertempuran. Pertempuran terjadi sampe finish. Jarang-jarang MotoGP berlangsung full of battle seperti tadi. Nontonnya enak tapi jantung full deg-deg an. Para rider terdepan yaitu Lorenzo, Marquez, Iannone dan Rossi memperlihatkan manuver-manuver ciamik sepanjang balapan. Superrrrr.... brillian.. jempolan! Inilah balapan MotoGP.. balapan kelas para raja.

Trek Phillip Island berangin dan berhawa dingin, maklum lah yawww.. kan sirkuitnya ada di pulau dan lokasinya sangat dekat dengan laut. Valentino Rossi start dari posisi tujuh sementara peraih pole position adalah Marc Marquez. Andrea Iannone yang start dari posisi dua merangsek ke depan. Nggak menunggu lama, secara agresif Lorenzo ambil alih pimpinan balapan dari Iannone. Rossi naik ke posisi enam. Iannone overtake Lorenzo lagi buat posisi satu. Lap kedua terjadi insiden, motor Iannone menabrak burung yang terbang rendah di atas trek. sang burung terkapar dan tabrakan ini meninggalkan lubang di firing depan Ducati. Rest in peace ya burung.

Kaget karena insiden dengan burung, Iannone melambat dan diovertake dengan sukses oleh Lorenzo. Marc Marquez juga sukses mengeksekusi Iannone. Tapi nggak lama, Iannone balik overtake Marc dan Lorenzo lagi. Sementara itu, Rossi berjuang mengalahkan Pedrosa buat posisi lima. Berhasil! Vale juga berhasil memperdaya Cal Crutchlow dan ia naik lagi ke posisi empat. Sekarang Vale mengancam Marquez di posisi tiga.

Marquez sliding dan kesempatan ini digunakan Vale buat naik ke posisi dua di lap ketujuh. Aksi saling menyalip terjadi antara Vale, Marquez dan Iannone. Lorenzo memimpin balapan sekarang ini tapi jarak antara 4 rider terdepan tipis saja. Aksi saling salip mengharuskan Vale turun ke posisi empat. Vale berhasil overtake Iannone buat posisi tiga di lap kedelapan. Rossi mencatat fastest lap. Sementara di barisan tengah ada Dani Pedrosa yang berhasil mengalahkan Cal Crutchlow buat posisi lima.

Marquez ngacir sampai menyentuh 336 km per jam karena Vale mengejar di belakangnya. Lap kesepuluh Lorenzo sliding tapi masih memimpin balapan. Marc menempel ketat di belakangnya hanya berjarak 0,6 detik saja. Vale memaksa motornya hingga menyentuh 332 km per jam. Belum cukup aman baginya karena Iannone menempel ketat di posisi empat sementara Vale harus fokus mengejar Marquez yang kian dekat posisinya. Posisi Vale dalam bahaya. Keruwetan terjadi lagi antara Vale, Marc dan Iannone.

Vale overtake Marquez tapi Iannone secara brilian mengeksekusi Vale dan Marc, Ian di posisi dua sekarang. Sungguh manuver yang brillian dari Iannone. Lap ketiga belas, Vale dan Marc overtake Iannone lagi. Posisi top three saat ini adalah Lorenzo, Marquez dan Vale. Iannone pantang menyerah. Ia menempel ketat Vale di posisi empat. Marquez juga memaksa motornya hingga mencapai limit buat membabat Lorenzo. Selisih Marquez dengan Lorenzo hanya 0,5 detik di 13 lap tersisa dan selisih ini kian terpangkas. Dani Pedrosa punya pertarungan sendiri melawan Cal Crutchlow dan Maverick Vinales. Dani masih di posisi lima.

11 lap tersisa.. Iannone membabat Vale buat posisi tiga dan Marquez membabat Lorenzo buat posisi satu. Nggak ada diantara keempat rider ini yang menyerah dan puas di posisi masing-masing. Semuanya masih menggila di trek seakan-akan nggak ada seri selanjutnya. Vale berjuang keras menghadapi rekan senegaranya yang benar-benar menggila hari ini. Sementara Iannone fokus menantang Lorenzo buat posisi dua.

Lorenzo terpaksa mengakui kegigihan Iannone. Lorenzo kena dibabat Iannone di 7 lap tersisa. Nggak lama.. jiwa juang Lorenzo masih menyala-nyala, ia memaksa motornya dan bermanuver cerdas. Marquez dan Iannone kena diovertake, Lorenzo memimpin balapan di enam lap tersisa. Posisi top four adalah Lorenzo, Iannone, Marquez dan Rossi. Siapkan jantung Anda untuk aksi-aksi yang lebih mendebarkan di lap berikutnya.

Vale side by side melawan Iannone yang turun posisi ketiga gara-gara diovertake Marquez. Vale berhasil naik.. sekarang ia mengancam Marquez. Selisih 18 poin dengan Lorenzo membuat The Doctor nggak boleh menyerah, ia harus bertarung sampai titik darah penghabisan. Vale sedang berjuang mendekati Marquez saat Iannone lagi-lagi dengan brilian bermanuver membabat Vale dan Marquez. Aksi balapan beresiko tinggi diperlihatkan oleh Vale, Marquez dan Iannone.

2 lap tersisa.. Marquez yang ada di posisi dua bertempur dengan Lorenzo buat posisi satu dan Iannone di posisi tiga bertempur dengan Vale yang ada di posisi empat. Duo Yamaha dalam bahaya. Para lawannya nggak mau sekedar jadi penonton persaingan Vale dan Lorenzo berebut gelar juara dunia. Last lap.... dua tikungan sebelum finish Lorenzo kena dibabat Marquez dan Vale masih berusaha mengalahkan Iannone. Side by side lagi antara Vale dan Iannone. Sungguh pertarungan hebat antara duo Italiano. Akhirnyaaaaa... Marquez menyentuh garis finish dan memenangi seri Phillip Island. Lorenzo menyusul di posisi kedua. Iannone finish di posisi ketiga dan Valentino Rossi finish keempat dengan selisih 0.128 detik dari Iannone! what a crazy battle ever.... Battle of the Decade!

Dengan absennya Vale di podium maka selisih poin antara Vale dan Lorenzo berkurang menjadi 11 poin aja. Vale masih memimpin klasemen sementara dengan 296 poin. Lorenzo di posisi dua dengan 285 poin. Marc Marquez di posisi ketiga dengan 222 poin. Andrea Iannone di posisi keempat dengan 188 poin. Dani Pedrosa posisi lima dengan 165 poin. Bradley Smith posisi keenam dengan 158 poin. Andrea Dovizioso posisi tujuh dengan 153 poin. Cal Crutchlow posisi delapan dengan 107 poin. Danilo Petrucci posisi sembilan dengan 97 poin dan Pol Espargaro menutup top 10 dengan 96 poin. Tinggal 2 seri tersisa yaitu seri Sepang Malaysia dan seri Valencia, bisa juara dunia Vale?

 

 

Sumber data dan foto: MotoGP.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline