Lihat ke Halaman Asli

Ya Yat

TERVERIFIKASI

Blogger

[MotoGP] Honda akan Depak Simoncelli dan Dovizioso

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1311233820233834358

[caption id="attachment_120695" align="aligncenter" width="640" caption="Marco Simoncelli ke Ducati? (dok.MotoGP.com)"][/caption]

Musim MotoGP tahun 2012 memang masih lama digelar. Tapi rumor mengenai perpindahan beberapa pebalap telah terdengar kencang saat ini. Awalnya tim Honda menghembuskan kabar bahwa musim 2012 ia akan hanya mengontrak 2 rider sebagai penunggang RC212V. Rider itu adalah Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Lalu Andrea Dovizioso di tendang kemana? Belum ada kabar lanjutan soal ini. Kabar tambahannya justru Marco Simoncelli, rider satelit Honda akan kena depak juga.

Bos Honda Racing, Shuhei Nakamoto, mengatakan bahwa pengurangan ini karena imbas melambatnya perekonomian Jepang akibat musibah gempa dan tsunami. Sisi industri terpangkas sampai 30 % katanya. Alhasil ini berdampak pula pada bidang otomotif.

Mengontrak 3 rider dalam 1 tim membutuhkan biaya yang tidak sedikit terlebih rider itu sudah punya nama di dunia balap. Tujuan awal menggempur lintasan dengan lebih dari 2 pebalap adalah untuk mengamankan gelar juara dunia. Sejauh ini Honda memang masih belum bisa mengulang kesuksesan ketika Nicky Hayden meraih gelar juara dunianya untuk Honda.

Tahun ini kemungkinan besar juara dunia bisa diraih oleh rider tim Honda. Ada Stoner yang bintangnya sedang moncer dan hanya butuh konsisten podium 2 untuk jadi juara dunia. Jika bisa, ini adalah kali kedua bagi Stoner untuk jadi juara dunia.

Namun akhirnya Honda toh menyerah juga. Musim 2012 dimana persaingan makin ketat karena perubahan motor menjadi 1.000 cc, Honda harus melepas Andrea Dovizioso dan Marco Simoncelli. Dovizioso mungkin akan bergabung ke LCR atau Gressini. Kabar lain menyebutkan bahwa Simoncelli akan bergabung dengan Ducati.

Philip Morris (Marlboro) yang merupakan sponsor utama Ducati tak keberatan menyambut Simoncelli datang ke Ducati sebagai rider ketiga bergabung dengan Valentino Rossi dan Nicky Hayden musim depan. Memang belum ada kepastian soal ini, namun ini bila Simoncelli jadi didepak dari Honda, tawaran Ducati akan sangat menggiurkan. Terlebih Ducati adalah tim yang senegara dengannya.

Sebuah tantangan besar bagi Super Sic untuk dapat menunggangi Desmosedici dan sebuah tantangan juga bagi Ducati untuk menempatkan para ridernya di podium. Kalau sudah menyerbu dengan 3 rider dan podium masih susah diraih itu namanya kebangetaannn.

Oh iya, Ducati juga bakal ketambahan rider lagi selain Simoncelli. Rider itu adalah Andrea Ianonne, pebalap Italia yang sekarang masih wara-wiri di Moto2. Tahun depan kemungkinan besar ia akan naik kelas ke kelas MotoGP membela tim Pramac Racing. Di Mugello kemarin ia sudah merasakan menunggang Desmosedici GP 11.

Nah sekarang Nicky Hayden pantas khawatir dengan posisinya nih. Sudah bisa ditebak kalau Ducati ingin menggunakan all Italian rider. Apalagi performa Hayden di Ducati tak ada kemajuan sejak dulu. Kontrak Hayden berakhir tahun 2012. Akan diperpanjang nggak tuh kontraknya sama Ducati nanti? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Note : dari berbagai sumber




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline