[caption id="attachment_72288" align="aligncenter" width="471" caption="Ben Spies yang naik kelas (dok.motogp.com)"][/caption] Tim dalam MotoGP terbagi 2, yaitu tim pabrikan dan tim satelit. Tim pabrikan bisa disebut sebagai tim utama sementara tim satelit adalah anaknya tim utama. Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki masuk ke dalam tim pabrikan sementara tim Gresini, LCR dan Pramac adalah contoh tim satelit. Banyak perbedaan di antara tim pabrikan dan tim satelit. Yang paling menonjol adalah soal dana. Tim pabrikan selalu jor-joran dalam pengeluaran dana demi pengembangan motor atau rekrutmen pembalap karena ada sponsor besar di belakangnya. Berbeda dengan tim satelit yang punya dana terbatas karena tak di sokong sponsor besar dan hanya mengandalkan bantuan dari tim utama. Dengan kondisi seperti ini, tim satelit yang ingin tetap turun dalam arena MotoGP harus bekerja keras berpikir bagaimana mengembangkan motor dan mendapat rider pilihan dalam dana terbatas. Biasanya tim satelit cenderung mengorbankan keputusan untuk mencari rider pilihan sendiri dan "terpaksa" menerima rider titipan sponsor atau titipan dari tim pabrikan. Sebaliknya dari pihak rider, membalap atas nama tim satelit bisa menjadi batu loncatan untuk bergabung di tim pabrikan. Dengan catatan rider tersebut pantas untuk dilirik. Hal ini telah terjadi pada Ben Spies yang naik kelas dari Yamaha Tech 3 ke Fiat Yamaha. Beberapa tim satelit mengalami perubahan dalam mengikuti ajang MotoGP 2011. Awalnya sempat tersiar kabar bahwa rider Honda, Andrea Dovizioso akan dititipkan ke Honda Gresini menyusul datangnya Casey Stoner ke Repsol Honda. Bila ini terjadi maka rencana Honda Gresini mendatangkan Toni Elias terancam batal. Namun akhirnya Dovizioso tetap berada di tim Repsol Honda karena Honda memutuskan memiliki 3 rider. Meski begitu rencana Toni Elias gabung di Gresini juga batal karena Toni Elias diturunkan di tim LCR Honda. Sementara Randy De Puniet yang tadinya ada di LCR di ajak bergabung oleh tim Pramac Ducati. [caption id="attachment_72290" align="aligncenter" width="471" caption="Toni Elias dari Moto2 ke MotoGP (dok.motogp.com)"]
[/caption] Tim satelit Honda yang lain yaitu Interwetten memutuskan tak akan turun dalam kelas MotoGP tahun depan. Tim Interwetten hanya akan turun di kelas Moto2 dan akan kembali ke kelas MotoGP di tahun 2012. Pada kelas Moto2 Interwetten ditunggangi oleh Tom Luthi. Sementara penunggang Interwetten di MotoGP yaitu Hiroshi Aoyama pindah ke Honda Gresini bergabung dengan Marco Simoncelli. Hiroshi Aoyama sendiri kabarnya tetap dipertahankan karena pihak promotor MotoGP, Dorna, ingin ada rider asia yang tetap turun di kelas MotoGP. Untuk menarik pasar asia kali ya. Suzuki menjadi pengecualian atas tim pabrikan yang selalu jor-joran dalam hal dana. Suzuki memilih untuk menurunkan satu rider saja yaitu Alvaro Bautista. Hal ini karena keterbatasan dana dan Suzuki memilih untuk mempersiapkan diri menghadapi musim 2012 yang akan balik lagi ke 1000 cc daripada mengeluarkan biaya pengembangan untuk 800 cc yang akan berakhir tahun depan. Namun ada juga rumor yang beredar bahwa Suzuki akan berkiprah di MotoGP sampai musim balap 2011 saja. Belum tau nih mana yang benar. Semoga saja Suzuki akan lanjut lagi ke musim 2012. Rider Suzuki yang satunya lagi yaitu Loris Capirossi bergabung di Pramac Ducati menemani Randy De Puniet. Pindahnya Capirossi ke Pramac memang seperti mengulang sejarah ketika dulu dia bergabung di Ducati. Dulu Capirossi memimpin pengembangan Desmosedici hingga akhirnya dia berlabuh ke Suzuki. Bergabungnya dia ke ducati lagi bisa jadi karena alasan yang sama dengan alasan Rossi yang juga pindah ke Ducati, yaitu dalam rangka pengembangan Desmosedici menuju era 1000 cc. [caption id="attachment_72292" align="aligncenter" width="524" caption="Duo rider gaek Colin Edwards dan Loris Capirosi (dok.motogp-mania.com)"]
[/caption]
Ini adalah beberapa perubahan yang terjadi pada tim-tim yang turun pada MotoGP musim 2011 besok. Untuk lebih lengkapnya, perubahan tim itu ada pada data di bawah ini. Sponsor utama tim masih belum pasti dan ada kemungkinan besar berubah.
Yamaha Yamaha Factory Team Sponsor: Telefonica Movistar/Petronas/Air Asia Rider: Jorge Lorenzo (Spanyol/1), Ben Spies (USA/11) Team Tech3 Sponsor: Monster Energy Rider: Colin Edwards (USA/5), Cal Crutchlow (GBR/35) Honda Honda Racing Team Sponsor: Repsol Rider: Andrea Dovizioso (Italia/4), Dani Pedrosa (Spanyol/26), Casey Stoner (Australia/27) Gresini Racing Sponsor: San Carlo Rider: Hiroshi Aoyama (Jepang/7), Marco Simoncelli (Italia/58) Team LCR Sponsor: Playboy Rider: Toni Elias (Spanyol/24) Ducati Scuderia Ducati Sponsor: Marlboro Rider: Valentino Rossi (Italia/46), Nicky Hayden (USA/69) Pramac Racing Sponsor: Pramac Rider: Randy de Puniet (Prancis/14), Loris Capirossi (Italia/65) Team Aspar Sponsor: Paginas Amarillas Rider: Hector Barbera (Spanyol/40) Cardion AB Motoracing Sponsor: Cardion AB Rider: Karel Abraham (Rep. Ceko/17) Suzuki Suzuki MotoGP Sponsor: Rizla Rider Alvaro Bautista (Spanyol/19)
Sumber : motogp-mania.com, motogp.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H