Lihat ke Halaman Asli

Ya Yat

TERVERIFIKASI

Blogger

Uji Nyali Ducati, Moto3 dan Rossi buat Fenatti

Diperbarui: 17 Juni 2015   19:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14145049021007901954

[caption id="attachment_350493" align="aligncenter" width="640" caption="Jack Miller (dok.annang)"][/caption]

Ada beberapa acara berlangsung sebelum balapan kelas MotoGP. Malaysia punya seri Shell advance talent cup di mana para pembalap muda bertarung di ajang ini. Lapnya cuman sedikit sih, 13 lap. Tapi lumayan buat pemanasan sebelum kelas MotoGP. Setelah balapan Shell advance ada lagi pertunjukan tandem dari Ducati.

Jadi pembalap dari Ducati (bukan pembalap kelas MotoGP-nya tapi ya) akan keliling trek dengan membonceng orang yang dipilih dari orang-orang yang mendaftar buat acara ini. Saya nggak tau sih gimana metode pendaftaran dan pemilihannya, tapi orang-orang ini bukanlah orang yang gape balapan, orang-orang ini orang yang awam otomotif kayak kita-kita tapi punya nyali buat dibonceng keliling lap.

Caranya si rider buat berhenti di garis finish setelah keliling lap bikin seru lho. Dia stophie willy, itu lho ngerem mendadak pake ban depan sampe ban belakang keangkat. Seru.. secara di jok belakang ada yang ngebonceng. Kalo saya ada di posisi yang ngebonceng pasti saya akan teriak “lagiiii!!!” hahahah. Ada beberapa orang yang dibonceng keliling lap, laki-laki dan perempuan, postur tubuhnya ada yang pendek dan ada yang tinggi. Motor yang dipakai ada dua, dua-duanya motor Ducati, secara sponsornya adalah Shell Advance.

[caption id="attachment_350494" align="aligncenter" width="640" caption="Ciiittttttt... stophie willy (dok.yayat)"]

14145049821179356964

[/caption]

Kelar acara show ini lalu mulailah balapan kelas Moto3. Jack Miller lagi jadi bintang di kelas Moto3. Secara tahun depan dia akan loncat ke kelas MotoGP. Keren ya, dari kelas Motoo3 langsung ke kelas MotoGP. Sebenernya ini sempet jadi perdebatan.. tapi ya keputusan Honda tetep tuh mau rekrut Jack Miller.

Jack Miller dapet pole position kemarin dan dia cukup ramah sama para penonton. Dia dadah-dadah ke arah penonton, penonton pun riuh. Sementara Alex Marquez start dari posisi lima dan Romano Fenatti, pembalap Sky Racing Team VR46 punya Valentino Rossi start dari posisi enam. Saat pembalap dan crew-nya lagi bersiap di grid Vale ditemani oleh Uccio keluar dari paddock-nya menuju pinggir trek Moto3 buat men-support Fenatti.

Otomatis hebohlah penonton. Dari mulai Vale keluar paddock sampai jalan ke sisi Fenatti penonton teriak memanggil namanya. Vale sadar penonton mulai rusuh dan membalas dengan lambaian tangan. Saya yang berdiri dari tribun gemeteran liat Vale. Demi apahhh Vale ganteng banget. Penonton nggak berhenti teriak, “Rossi! Rossi!” Sambil mengibarkan bendera, topi dan kipas yang ada di tangannya.

[caption id="attachment_350495" align="aligncenter" width="640" caption="driver safety rider... keren yak (dok.badra)"]

14145050941659886926

[/caption]

Kemudian balapan Moto3 dimulailah. Vale kembali ke paddock-nya dengan berlari. Teriakan penonton baru berhenti setelah Vale menghilang ke box Yamaha buat nonton jalannya balapan. Balapan berlangsung ketat, para young guns di kelas ini emang skill dan motornya sama jadi persaingan sangat ketat. Alex Marquez dan Jack Miller saling overtake. Sayang dua pembalap Sky Racing Team VR46, Bagnaia dan Fenatti, balik ke garasi dan nggak meneruskan balapan karena technical problem.

Akhirnya balapan dimenangkan oleh Efren Vazquez, tempat kedua dimenangkan oleh Jack Miller dan Alex Rins finish ketiga. Alex Marquez kudu puas finish kelima. Alex Marquez ada di posisi pertama klasemen sementara selisih 11 poin dari Jack Miller. Alhasil perebutan trophy juara dunia antara Jack Miller akan berlangsung di seri penutup di Valencia Spanyol.

[caption id="attachment_350497" align="aligncenter" width="640" caption="Vale tuh di pinggir trek (dok.yayat)"]

1414505196314929976

[/caption]

Saya bolak-balik dari tempat saya ke tribun persis depan podium buat ambil gambar. Kalo sebelumnya saya bebas buat bergerak ke mana pun, saat itu manusia mulai memenuhi tribun hingga saya agak susah bergerak. Setelah ini ada kelas Moto2. Reportasenya di tulisan selanjutnya ya.

[caption id="" align="aligncenter" width="618" caption="Catatan Yayat: RC Traveller Sepang!"]

Catatan Yayat: RC Traveller Sepang!

[/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline