Lihat ke Halaman Asli

Berbagi Itu Indah, Kenapa Harus Berbagi?

Diperbarui: 8 Juli 2024   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret berbagi nasi kotak kepada anak-anak yatim (dok. Pribadi) 

Senin, 8 Juli 2024 - Yayasan Tunas Kepedulian Sesama berbagi nasi kotak kepada anak-anak yatim dan para pengendara di jalan. Ini adalah salah satu kegiatan kemanfaatan yang rutin dijalani. 

Selain meningkatkan ibadah, melakukan kebaikan terhadap sesama juga adalah jalan untuk meraih pahala. Berbagi terhadap sesama memberikan kebahagiaan tersendiri terhadap orang yang melakukannya. Berbagi terhadap sesama juga memberi banyak dampak positif didalam kehidupan kota. 

Potret berbagi kepada pengendara dijalan (dok. Pribadi) 

Beberapa dampak positif yang kita dapatkan, yaitu :

1. Menumbuhkan Rasa Syukur

Jika kita bandingkan antara saat menerima, memberikan sesuatu kepada orang lain jauh lebih bahagia. Tidak perlu melihat jumlah besar atau kecilnya pemberian kita. Tidak perlu menunggu kaya untuk memberi. Menyisihkan sebahagian uang atau penghasilan setiap bulannya merupakan kebiasaan yang dapat membuat bahagia. Ini merupakan bentuk kesyukuran atas apa yang dihasilkan. 

2. Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Tak ada orang yang berbagi, jika tidak memiliki rasa kepedulian. Keinginan untuk berbagi datang karena kita memiliki kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Kebiasaan berbagi ini meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap orang lain. 

3. Menularkan Kebaikan Kepada Orang Lain

Berbagi dengan sesama tidak akan merugikan kita. Bukan hanya mendapatkan pahala saja, namun juga memberikan nilai-nilai kebaikan kepada orang yang diberi. Maka selalu sisihkan setiap penghasilan kita untuk orang lain, agar bermanfaat dan memberikan dampak positif untuk kita. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline