Lihat ke Halaman Asli

Aksi Cepat Tanggap

Organisasi Kemanusiaan

Kamu Harus Tahu, Inilah 5 Keutamaan Puasa Ramadan

Diperbarui: 22 April 2021   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Afif Kusuma on Unsplash   

JAKARTA - Di bulan Ramadan, seluruh umat muslim dianjurkan untuk memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbanyak ibadah dan berdoa.

Puasa Ramadan jika dilakukan dengan baik sesuai dengan tuntunan Alquran dan Sunnah akan terlepas dari dosa-dosanya sehingga menjadi bersih kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Dalam menjalankan puasa Ramadhan, selain akan mendapatkan pahala setelah menunaikan kewajiban puasa Ramadhan, kita juga akan mendapatkan sederet keutamaan puasa Ramadhan yang tentunya bermanfaat. Berikut 5 keutamaan puasa ramadan yang perlu kamu ketahui.

  • Pertama, bau mulut orang yang berpuasa di hadapan Allah lebih baik daripada minyak misik ( ). Karena hal itu, umat Islam tidak perlu risau dengan bau yang ditimbulkan karena puasa. Meski begitu, tetap dianjurkan untuk membersihkan bagian mulut. Salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih saat buka dan sahur untuk mengurangi bau mulut.
  • Kedua, orang-orang yang menjalankan puasa akan dimintakan ampunan oleh malaikat saat berbuka. Hal ini merupakan keuntungan untuk menghapus dosa-dosa yang selama ini dilakukan.
  • Ketiga, semua setan dipenjara di bulan Ramadhan. Untuk itu, umat Muslim diminta untuk tidak bermalas-malasan dalam menjalankan ibadah.
  • Keempat, Allah memperindah dengan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Artinya, bulan Ramadhan ini memiliki nilai spiritualitas yang tinggi.
  • Kelima, Allah akan memberikan ampunan di akhir malam bulan Ramadhan. Artinya adalah orang-orang yang menjalankan puasa berhak mendapatkan ampunan dari Allah.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline