Lihat ke Halaman Asli

Aksi Cepat Tanggap

Organisasi Kemanusiaan

Yuk, Kenali Jenis Masker dan Gunakan dengan Bijak!

Diperbarui: 11 Maret 2020   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: DMII Official

Sampai dengan hari ini semakin bertambah negara yang melaporkan warganya terdampak virus Covid-19. Organisasi kesehatan dunia (WHO) pun menyatakan wabah virus Corona sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat. Selain itu, menurut data Disaster Management Institute of Indonesia (DMII-ACT), virus Corona terdeteksi di 86 negara dengan jumlah kasus sebanyak 95.425 korban terdampak dan 3.286 diantaranya meninggal dunia.

Sebagai tindakan preventif, semakin banyak penyuluhan yang diberikan ke masyarakat, salah satunya adalah edukasi terkait ciri-ciri gejala dan penggunaan masker. Namun, saat ini kondisi ketersediaan masker semakin langka. Sehingga, setiap individu perlu  mempertimbangkan jenis masker dan bijak dalam penggunaanya.  Perlu diketahui pula, jika Anda tidak sedang di tempat publik dan dalam keadaan sehat, Anda  sebenarnya tidak diwajibkan menggunakan masker. Hal ini karena penggunaan masker hanya diwajibkan kepada mereka yang sedang sakit, agar tidak menyebarkan virus atau terserang virus baru karena sistem imun yang sedang lemah.

Berikut beberapa dampak negatif yang timbul jika tidak bijak menggunakan masker. Apa sajakah itu?

1.   Sampah masker menumpuk- Penggunaan masker yang berlebihan akan berdampak pada bertambahnya jumlah sampah masker di seluruh dunia.

2.   Kelangkaan masker - Para pekerja kesehatan dan orang-orang sakit berpotensi kehabisan masker, karena saat ini ketersediaan masker semakin langka. Padahal, setiap harinya para dokter dan perawat bersentuhan langsung dengan pasien-pasiennya. 

Hal  ini menyebabkan potensi mereka terserang virus lebih besar daripada profesi lainnya. Terlebih, orang-orang yang sakit, mereka  lebih membutuhkan masker untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

3.    Harga masker semakin tidak wajar-  Saat ini harga masker melonjak tinggi. Walau tak hanya terjadi di Indonesia, fenomena ini merupakan salah satu yang merugikan masyarakat. Hal ini karena, ada banyak orang yang sangat membutuhkan masker. 

Saat ini, beberapa negara, misalnya Singapura dan Hong Kong dan negara maju lainnya telah menetapkan penjualan dengan harga yang tidak wajar merupakan tindakan ilegal dan akan ditindak secara hukum. 

Selain dampak negatif di atas, Anda juga tidak bisa menggunakan masker secara asal. Masker harus dikenakan dengan benar agar tidak mengalami kebocoran dan ada beberapa jenis masker yang perlu diketahui. Informasi jenis masker dan penggunaan yang tepat perlu Anda ketahui agar manfaatnya dapat digunakan secara maksimal. 

Seperti dilansir dari DMII-ACT, berikut jenis-jenis masker yang dapat digunakan dalam menghadapi wabah Corona:

1.      Masker Bedah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline