Lihat ke Halaman Asli

Yayan Sopyan

Guru SMPN 2 CIDAHU

Secercah Perpustakaan SMPN 2 Cidahu

Diperbarui: 17 Maret 2023   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Secercah Perpustakaan SMPN 2 Cidahu

Oleh: Yayan Sopyan

Pada tahun 1997 berdirilah Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cidahu (SMPN 2 Cidahu) seiring berjalanya waktu  terbentuk dan berdirilah bangunan perpustakaan di sekolah kami, namun ternyata awalnya kita belum memahaminya persis apa sebenarnya perpustakaan itu. 

Biasanya jika kita memasuki suatu perpustakaan yang pertama kita lihat adalah jajaran buku, rak majalah maupun rak-rak bahan pustaka lainya, dengan kegigihan personil kami semua mengumpulkan dan membuat rak-rak buku  seadanya hingga terbentuklah sebuah perpustakaan sederhana disekolah kami. Namun perpustakaan kami adalah salah satu Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama yang berlokasi di jalan raya Cidahu-Ciledug  Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Cirebon.

Perpustakaan sekolah adalah tempat warga sekolah mencari berbagai informasi untuk melengkapi dan memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan. Perpustakaan juga berfungsi sebagai penunjang pelaksanaan belajar dan mengajar bagi guru dan siswa.

Perpustakaan sekolah harus kaya dengan buku-buku yang dibutuhkan siswa. Ini bertujuan untuk membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru saat pembelajaran. Perpustakaan haruslah selalu menyediakan buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Bagi saya perpustakaan bisa dijadikan sebagai sarana bermain bagi siswa disaat jam kosong atau jam istirahat. Anak-anak yang minat bacanya tinggi akan segera mencari perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan membacanya. Bagi mereka perpustakaan sebagai area baca yang menyenangkan, karena di dalam perpustakaan mereka diberi kebebasan untuk membaca dengan suasana yang santai. Apalagi pada jam istirahat, perpustakaan selalu ramai dikunjungi oleh murid-murid.

Dengan adanya perpustakaan sekolah, diharapkan dapat menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap membaca. kecintaan murid-murid untuk terus berliterasi. Sehingga terjadi pengembangan diri dalam berpikir yang menjadikan siswa tersebut seorang pelajar yang literat.

Seingat saya perpustakaan juga mempunyai aturannya tapi jangan sampai memberatkan siswa. Dengan kemudahan proses peminjaman buku, membuat siswa senang berkunjung ke perpustakaan, apalagi ditambah dengan proses yang cepat dan mudah dalam pencarian buku yang diinginkan siswa. Petugas perpustakaan haruslah siap sedia membantu pencarian buku yang dibutuhkan siswa. Petugas harus tahu buku yang diminta oleh siswa. Petugas yang ramah dan baik akan menambah siswa betah di perpustakaan.

Perpustakaan sekolah akan selalu siap membantu siswa dan guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Perpustakaan menjadi sarana yang disukai siswa dan guru untuk penunjang belajar yang bervariasi.

Perpustakaan adalah gudang ilmu tempat kita belajar hal-hal baru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline