Lihat ke Halaman Asli

Tia Febryanti

mahasiswa

Perbedaan antara Desentralisasi dan Sentralisasi dalam Konteks Pemerintahan Daerah

Diperbarui: 25 April 2024   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum kita masuk kedalam perbedaan antara desentralisasi dan sentralisasi. Kita akan membahas pengertiannya terlebih dahulu. Desentralisasi mempunyai pengertian yaitu penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemudian sentralisasi sendiri mempunyai pengertian suatu sistem organisasi atau manajemen dimana keputusan dan kontrol terpusat di tangan satu atau beberapa pusat atau kepala. Dalam konteks pemerintahan, sentralisasi merujuk pada pengumpulan kekuasaan dan kontrol di tangan pemerintah pusat atau federal dalam suatu negara. Pemerintah pusat memiliki wewenang untuk mengambil keputusan dan mengendalikan kegiatan di daerah-daerah atau wilayah yang lebih rendah, serta mengalokasikan sumber daya dan anggaran secara sentral.

Adapun perbedaan antara desentralisasi dan sentralisasi adalah sebagai berikut :

1. Pengambilan keputusan

   Pada desentralisasi, pengambilan keputusan dilakukan oleh pemerintah daerah yang lebih dekat dengan masyarakat dan memiliki        pengetahuan yang lebih baik kebutuhan daerah. Sedangkan pada sentralisasi, pengambilan keputusan dilakukan oleh pemerintah          pusat yang memiliki kekuasaan atas seluruh wilayah disuatu negara.

2. Pembagian kewenangan

    Pada desentralisasi kewenangannya dibagi kepada beberapa pihak, yaitu kepada pemerintah daerah atau lembaga daerah.                          Sedangkan dalam sentralisasi, kewenangan dan pengelolaan pemerintahan terpusat di satu pihak saja, yaitu pemerintah pusat.

3. Tujuan

    Desentralisasi bertujuan untuk memberikan otonomi kepada pemerintah daerah untuk membuat keputusan yang lebih baik dan              tepat  untuk kebutuhan daerah. Sedangkan sentralisasi bertujuan untuk memudahkan pengambilan keputusan dan memastikan              keseragaman dan kemampuan  di seluruh wilayah yang ada pada suatu negara.

4. Kebijakan

    Dalam desentralisasi, kebijakan lebih didasarkan pada kebutuhan daerah  dan dapat bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya.          Sedangkan dalam sentralisasi, kebijakan ditentukan oleh pemerintah pusat dan diterapkan secara seragam di seluruh wilayah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline