Lihat ke Halaman Asli

Yatmi Rejeki

Suka becanda,, biar awet muda.

Dahar Kembul Dapat Mempererat Hubungan

Diperbarui: 20 Juli 2017   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dahar kembul Kjog & foodgram. Doc: GQHotel Jogja

"Walaupun makan sepiring berdua, aku rela, asalkan tetap disampingmu. Kita akan melalui suka dan duka bersama. Karena aku mencintaimu."

Barangkali itu yang ada di dalam benak  sepasang pengantin yang  sedang melakukan   dahar kembuldalam prosesi  pernikahan adat Jawa.  Tradisi yang sangat romantis. Bagaimana dengan Anda yang telah menikah, apakah juga demikian? Satu wadah untuk makan berdua menggambarkan hubungan yang sangat dekat.  Tidak hanya untuk sepasang kekasih  saja, namun untuk keluarga maupun persahabatan. Makan bersama memang dapat  menjaga hubungan baik, membina  kebersamaan, dan memupuk keakraban.   Makan bersama  dalam satu wadah, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih,   dalam bahasa Jawa dinamakan kembulan atau dahar kembul.  Yuk, cari moment untuk kembulan bareng teman atau keluarga. Pasti asyik deh.

Kjog & foodgram selfie sebelum makan (Dokumentasi Pribadi)

Pada hari Jumat 14 Juli 2017, saya  bersama sahabat Kompasianer Jogja,  berkesempatan datang di Coffe Shop GQ  Hotel Jogja, yang beralamat di  Jl. Adisucipto No. 48 Yogyakarta. Lokasi ini kira-kira hanya  1,5 km sebelah barat bandara Adisucipto.  Tampak  dimeja, daun pisang yang dibentangkan, dengan sisi yang dibentuk bergerigi sehingga terlihat lebih indah. Diatasnya sudah tertata hidangan menu tradisional untuk dahar kembul.  Coffe Shop  ini  memilki  empat pilihan menu  dahar kembul   yaitu  Paket Nasi Kuning, Paket Nasi Merah, Paket Nasi Gudangan, dan Paket Nasi Gudeg.  Dengan harga yang relatif  terjangkau yaitu Rp. 600.000,00 per 10 orang, menu  ini sangat cocok untuk acara ulang tahun, arisan, atau acara kumpul bareng keluarga ataupun sahabat. Ketika itu,  Nasi Kuning dan Nasi Gudangan yang dihidangkan untuk kami.

DAHAR KEMBUL NASI KUNING

Menu Nasi Kuning di Coffe Shop GQ Hotel Jogja (Dokumentasi Pribadi)

Nasi kuning identik dengan perayaan ulang tahun. Tumpeng nasi kuning adalah menu tradisional yang biasanya untuk menggantikan kue tart ulang tahun. Potong kue memang terkesan lebih modern dibanding  potong tumpeng. Tetapi bukankah sekarang menu-menu tradisional kembali muncul dan popular di dunia kuliner.  Ini membuktikan, bahwa menu warisan leluhur, tak lekang dimakan waktu.   Menu  nasi kuning yang gurih ini dilengkapi dengan lauk pendamping yaitu  ayam goreng bacem yang empuk dan manis, kering tempe dan kentang,  bakmi, bergedel, telur dadar iris,  lalapan, peyek, sambal, dan buah iris. Kopi dan teh juga  sudah termasuk dalam satu paket menu nasi kuning ini. Menu ini bisa menjadi alternatif untuk merayakan ulang tahun.

DAHAR KEMBUL NASI GUDANGAN

Gudangan (Dokumentasi Pribadi)

Nasi Gudangan adalah makanan tradisional Jawa yang biasanya diberikan untuk acara among-among atau bancakan.Yaitu sebuah tradisi untuk memperingati hari lahir atau weton. Orang tua biasanya membuatkannya untuk anak yang masih balita. Menurut kepercayaan orang tua, dengan dibuatkan among-among, membuat anak tidak rewel atau nakal. Percaya atau tidak, kembali ke individu masing-masing. Nasi gudangan turut disertakan dalam nasi kenduri dalam rangka syukuran.  Kenduri adalah tradisi berupa sedekah  makanan yang dibagikan untuk orang atau tetangga dekat.  Tidak ada keharusan untuk melakukan tradisi ini.   Kembali pada kepercayaan, keinginan, dan kemampuan masing-masing individu. Tetapi  masyarakat Jawa terutama di desa seperti tempat tingal saya di Sleman, tradisi ini masih dilakukan.  Saya lebih memandang sisi positifnya bahwa kenduri intinya adalah  sedekah atau syukuran.

Gembrot (Dokumentasi Pribadi)

Nasi gudangan terdiri dari beberapa sayuran seperti  bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, kol, kecambah, wortel  yang semuanya direbus tidak terlalu lunak. Baru bisa dikatakan gudangan  jika sudah dicampur dengan  bumbu gudangan , yaitu  kelapa parut  yang masih muda dan gula jawa dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kencur, daun jeruk, dan garam secukupnya yang dihaluskan. Kemudian bumbu gudangan dikukus. Gudangan ini berrasa manis dan gurih.  Itu juga yang saya rasakan di Coffe Shop GQ Hotel Jogja. Tak perlu khawatir bagi penyuka pedas, karena sudah ada sambal yang disediakan.  Nasi gudangan  disajikan dengan beberapa lauk pendamping lain yaitu ayam, tahu, tempe yang empuk dengan bumbu terik yang arehnya begitu terrasa dan gurih.  Telur rebus dan gembrot juga melengkapi menu gudangan ini. Apa itu gembrot?  Tentu bukanlah  tubuh yang super tambun. Gembrot disini adalah nama sebuah makanan yang berasal dari kelapa parut yang dicampur dengan telur dan diberi bumbu, kemudian di bentuk  bulat lalu digoreng. Rasanya gurih.  Buah iris, peyek, teh,dan kopi juga termasuk dalam satu paket menu nasi gudangan ini.

Salam

Yatmi Rejeki




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline