Psikologi Pendidikan: Pertumbuhan, Perkembangan, dan Perkembangan Psikomotorik
Pertumbuhan
Pertumbuhan dalam psikologi pendidikan adalah perubahan fisik yang terjadi pada seseorang seiring bertambahnya usia, terutama selama masa kanak-kanak dan remaja. Pertumbuhan ini melibatkan peningkatan ukuran tubuh, tinggi badan, berat badan, serta perkembangan organ-organ tubuh. Proses pertumbuhan ini penting karena membentuk dasar untuk perkembangan anak dalam berbagai aspek kehidupan.
Pertumbuhan seseorang tidak hanya bergantung pada satu faktor saja, tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:
1. Faktor Biologis: Gen atau sifat-sifat bawaan dari orang tua, kesehatan fisik, dan perkembangan otak sangat mempengaruhi pertumbuhan fisik seseorang.
2. Faktor Lingkungan: Lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi, juga berperan dalam proses pertumbuhan. Misalnya, anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang peduli dan mendukung biasanya mengalami pertumbuhan yang lebih baik.
3. Faktor Psikologis: Motivasi, kepribadian, dan pengalaman masa lalu seorang anak turut mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan emosinya. Anak yang tumbuh dalam lingkungan yang memberikan dukungan emosional cenderung lebih percaya diri dan memiliki motivasi yang baik untuk berkembang.
4. Faktor Budaya: Norma dan nilai-nilai dalam masyarakat, serta peran gender, juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya, di beberapa budaya, anak perempuan dan laki-laki mungkin didorong untuk mengembangkan keterampilan yang berbeda.
5. Faktor Emosional: Kesejahteraan emosional, kemampuan mengelola stres, dan dukungan emosional dari orang-orang di sekitarnya sangat memengaruhi proses pertumbuhan.
Perkembangan dan Tahapan Perkembangan Anak
Perkembangan adalah proses peningkatan kemampuan dan keterampilan tubuh yang semakin kompleks, seperti kemampuan motorik kasar (contohnya berjalan dan berlari), motorik halus (misalnya memegang dan menggenggam), bicara dan bahasa, sosialisasi, serta kemandirian.