Lihat ke Halaman Asli

Yasmin Namira Andani

Manusia yang suka baca dan nulis

5 Cara Mengatasi Rasa Malas Membaca

Diperbarui: 17 September 2021   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hallo, Sobat! Selamat datang di artikel kesembilan aku!

Pada artikel kesembilan ini aku mau bahas tentang kegiatan membaca nih. Mungkin bagi sebagian orang membaca itu menjadi hal yang membosankan dan bikin ngantuk. Tapi, membaca itu penting loh, Sobat! Pentingnya buat apa sih? Ya, buat nambah ilmu, nambah pengetahuan, tahu banyak hal tentang dunia dan isinya. Wow, keren banget tuh!

Nah, gimana sih caranya untuk mengatasi malas membaca?

Yuk, disimak!

1. Pilih Bacaan yang Disukai

Untuk tahap pertama, kamu bebas banget untuk memilih bacaan yang kamu suka. Misalnya, kamu suka segala hal yang berbau science, kamu bisa beli buku science fiction yang menarik. Masih banyak lagi buku-buku lain yang sesuai sama kesukaan atau hobi kamu. Kamu tinggal pilih aja.

Nah, tapi setelah dibeli jangan dianggurin, ya.  Mulailah membaca, kamu bisa cicil dan kasih tanda di mana kamu terakhir membaca. Misalnya, kamu lagi santai atau lagi jam kosong, kamu manfaatkan waktu untuk membaca buku tersebut. Membaca satu sampai dua halaman sehari itu lebih baik daripada tidak sama sekali, ya!

2. Membaca dari e-Library atau e-Book

Di masa pandemik dan era digital ini semuanya serba online, semuanya berhubungan dengan gadget, laptop, tab, dan perangkat lainnya. Ditambah dengan adanya PPKM bikin kita jadi mager buat keluar rumah.

Nah, solusinya adalah beli e-Book yang memungkinkan kamu untuk membayar tanpa keluar rumah. Membaca e-Book juga sama kok seperti membaca buku fisik, bedanya kalau e-Book lebih simple dan praktis. Tinggal buka gadget dan kamu bisa scrolling sampai bawah, daripada scrolling hal yang tidak bermanfaat, lebih baik scrolling e-Book, ya!

3. Membaca Bareng Teman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline