Lihat ke Halaman Asli

Yasmin Oktaviani

Mahasiswa PPG Prajabatan Gel. 1 2023 Universitas Sriwijaya

Urgensi Strategi Pengajaran dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 3 November 2023   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi 1: Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan belajar siswa karena setiap siswa mempunyai karakteristik, kebutuhan, dan tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk membantu setiap siswa supaya bisa tumbuh semaksimal mungkin sesuai kemampuannya dan belajar untuk memahami pertumbuhannya sendiri mengenai tujuan pembelajaran dan cara mencapainya.

Strategi pengajaran merupakan suatu perencanaan yang disiapkan oleh guru sebelum mengajar untuk mendorong siswa supaya bisa belajar secara aktif dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Strategi pengajaran sangat penting dalam pembelajaran karena dengan strategi pengajaran dapat memudahkan guru memberikan arahan dan tujuan yang jelas dalam menghadapi suatu masalah di suatu pembelajaran, membantu dalam menganalisis kondisi dan tindakan yang diperlukan, dan membantu menentukan strategi pengajaran yang tepat dalam pembelajaran untuk diberikan kepada siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. 

Dokumentasi 2: Pembelajaran Berdiferensiasi

Strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat dibagi menjadi lima kelompok, yakni strategi pengajaran langsung (direct instruction), strategi pengajaran tak langsung (indirect instruction),  strategi pengajaran interaktif (interactive learning),  strategi pengajaran mandiri (self-learning), dan strategi pengajaran melalui pengalaman (experiential). Inilah strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi sebagai berikut: 

                                       

  • Strategi Pengajaran Langsung (Direct Instruction) 

Strategi pengajaran langsung adalah strategi pengajaran yang berpusat pada guru seperti ceramah, demonstrasi, serta praktik dan latihan. Strategi pengajaran langsung digunakan untuk memperluas informasi ataupun mengembangkan keterampilan.

  • Strategi Pengajaran Tak Langsung (Indirect Instruction) 

Strategi pengajaran tak langsung yakni strategi pengajaran yang yang dilakukan untuk memenuhi tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda dalam kegiatan belajar mengajar. Strategi pengajaran tak langsung adalah strategi yang berpusat pada siswa seperti melakukan penyelidikan, pengamatan, maupun pembentukan hipotesis.

  • Strategi Pengajaran Interaktif (Interactive Learning) 

Strategi pengajaran interaktif merupakan strategi pengajaran yang berbentuk diskusi untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengungkapkan gagasan, pengetahuan, dan pandangan, serta mencari solusi atas suatu permasalahan. Strategi pengajaran interaktif dilakukan untuk memenuhi minat dan bakat siswa yang berbeda-beda dalam pembelajaran.

  • Strategi Pengajaran Mandiri (Self-Learning) 

Strategi pengajaran mandiri merupakan strategi pengajaran yang menuntut siswa untuk bisa belajar secara individu dan mengambil inisiatif sendiri dalam mengintrospeksi kebutuhan belajarnya, tujuannya agar siswa bisa lebih meningkatkan fungsi kognitif secara mandiri. Strategi pengajaran mandiri ialah strategi yang menyesuaikan dengan kemampuan siswa dalam belajarnya.

  • Strategi Pengajaran melalui Pengalaman (Experiential) 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline