Lihat ke Halaman Asli

Yasmin Noor

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Bakso Rumput Laut Tinggi Serat Tanpa Pengawet ala Mahasiswa Undip

Diperbarui: 6 Agustus 2021   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kelurahan Kajeksan, Kota Kudus (22/7) Pandemi Covid-19 yang terjadi mengharuskan masyarakat untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Rumput laut menjadi salah satu alternatif bahan makanan yang memiliki banyak manfaat karena mengandung zat bioaktif di dalamnya yang baik bagi kesehatan. Rumput laut telah teridentifikasi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mencegah penuaan dini, menjaga kehalusan kulit. Selain itu, rumput laut juga teridentifikasi mengandung senyawa antioksidan. Namun karena wilayah kota Kudus jauh dari Laut menyebabkan rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan dan pemanfaatan rumput laut.

Mengetahui hal tersebut, Yasmin Noor Mahasiswa KKN Tim II Undip berinisiatif membuat dan membagikan bakso dari rumput laut di lingkungan sekitar Kelurahan Kajeksan secara door to door. Pembuatan bakso dari Bahan Rumput Laut dilakukan di Kelurahan Kajeksan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Olahan bakso pada umunya hanya berbahan dasar daging, karena harga daging yang mahal dapat digantikan dengan menambahkan rumput laut Euchema cotonii pada adonan bakso. Selain tinggi serat penambahan Euchema cotonii pada adonan bakso dapat menjadikan tekstur bakso lebih kenyal tanpa menambahkan bahan pengawet.

Pembuatan bakso rumput laut sangat mudah dilakukan sehingga para ibu rumah tangga dapat melakukannya sendiri di rumah. Olahan bakso rumput laut ini juga dapat digunakan sebagai ladang bisnis, melihat dewasa ini belum banyak dijual dipasaran bakso rumput laut.  Program ini memiliki tujuan yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu mencegah kelaparan, hidup sehat dan sejahtera, dan dapat memanfaatkan potensi ekosistem laut. Setelah pengadaan sosialisasi pembuatan bakso rumput laut ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui potensi dari sumber daya laut dan pemanfaatannya. Dengan memberikan makanan olahan yang bergizi dan lebih kreatif maka masyarakat telah berupaya dalam mempertahankan ketahanan pangan dirumah pada masa pandemi Covid-19.

dokpri

Pembagian dan sosialisasi pembuatan bakso rumput laut dilakukan secara door to door di RT 03 RW 01 Kelurahan Kajeksan. Ibu rumah tangga menyambut kehadiran mahasiswa dengan baik. "menurut saya olahan bakso rumput laut itu bagus sih jadi trobosan baru, terutama untuk anak anak yang sering sembelit apalagi yang tidak suka makan buah itu bisa makan bakso rumput laut, anak saya suka sekali mbak baksonya" terang bu Rahma salah satu warga RT 03 RW 01 Kelurahan Kajeksan.

Yuk jaga ketahanan pangan nasional kita dengan memanfaatkan olahan dari sumberdaya laut. Salam sehat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline