Lihat ke Halaman Asli

Yasir Aulia

Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta

Pentingnya Bersyukur kepada Allah dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 18 Desember 2023   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kata "bersyukur" merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Contohnya ungkapan rasa terima kasih kita atas pemberian atau anugerah yang Allah berikan kepada seluruh manusia, serta kita sebagai manusia, rasa syukur tidak hanya ucapan dari terimakasih saja, bersyukur juga merupakan penhormatan terhadap apa yang allah berikan, ciptakan, dan sempurnakan di seluruh alam semesta ini, sehingga manusia dapat merenungkan kata syukur dari hati, pikiran, dan lisan. Sebagaimana firman allah yang tercantum dalam Al-Qur'an surat al-baqarah ayat 159 tentang perintah agar umat Muslim selalu bersyukur.

"Karena itu, ingatlah kamu kepadaku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) Ku,"

Namun, istilah kata syukur sering kali di sepelekan oleh sebagian orang, sehingga kurangnya ilmu pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam suatu kasus ada seorang yang diberikan kekayaan yang tidak terhingga sampai lupa apa yang membuatnya sukses bukanlah dia seorang. Namun Allah-lah yang juga membuat dirinya sukses hingga apa yang semua di inginkannya diberikan oleh Allah Swt.

Seperti halnya kisah Qarun yang diberikan kekayaan oleh Allah, sehingga sampai lupa untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikannya yang merupakan kekayaan yang luar biasa itu dan malah berlaku sombong dan membanggakan diri di hadapan orang lain. Pada akhirnya Allah memberikan balasan atau azab yang setimpal atas semua apa yang telah dilakukannya, Allah memberikan azab di dunia dan di akherat kelak.

Firman Allah Swt dalam surad adh-dhuha ayat 11

Artinya: Terhadap nikmat Tuhanmu, nyatakanlah (dengan bersyukur).

Jadi berdasarkan ayat diatas pentingnya kita untuk bersyukur atas apa yang allah berikan kepada kita meski merupakan sederhana tapi allah menyukai hamba-hambanya yang bersyukur kepadanya dan akan diberikan kepada mereka amalan pahala bagi mereka yang selalu bersyukur.

Manusia yang selalu bersyukur kepada Allah maka diberikanlah kepadanya kenikmatan yang banyak, akan tetapi berbeda dengan manusia yang enggan bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan kepadanya, yang Allah sendiri memberikan balasan yang setimpal padanya. Sebagaimana firmannya dalam surat Ibrahim ayat 7 yang artinya,

"Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-ku benar-benar sangat berat."

Ayat diatas menjelaskan bahwa kita sebagai manusia ciptaan Allah bahwa bersyukur merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh umat Islam karena begitu luar biasanya balasan dari Allah tersebut. Sehingga setiap apa yang kita syukuri apapun itu, maka Allah akan menambahkan nikmat pada manusia yang sering bersyukur kepadanya.

Bersyukur tidak hanya saat kita telah mendapat apa yang kita inginkan, bersyukur juga bermacam-macam seperti bersyukur atas apa yang kita punya. Sedangkan orang-orang yang diluar sana belum tentu memiliki apa yang kita punya, itu adalah bentuk syukur atas apa yang kita miliki yang tidak dimiliki oleh orang lain. Selanjutntya bersyukur kepada Allah karena telah memberikan nikmat sehat seperti dapat bernafas tanpa membayar dengan harta yang kita punya seperti membeli tabung oksigen yang rata-rata harus menghabiskan hingga berpuluhan juta untuk membeli dan memakainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline