Lihat ke Halaman Asli

Yasintus Ariman

Guru yang selalu ingin berbagi

Hamil di Usia Sekolah, Siapakah yang Salah?

Diperbarui: 6 April 2018   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Efek dari pergaulan bebas yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi sudah benar-benar kian terasa. Hal ini banyak menyasar anak-anak usia sekolah tingkat menengah.

Hampir di setiap pengujung tahun pelajaran, selalu ada saja peserta didik yang sudah dinyatakan positif hamil. Keadaan ini cenderung menimpah peserta didik peserta Ujian Nasional (UN) atau pun pada tingkatan di bawahnya.

Kenyataan ini sulit diingkari dan kebanyakan sekolah menyembunyikan kasus-kasus seperti ini karena dianggap mencoreng harkat dan martabat sekolah. Dan apa pun keadaannya, para siswa yang sudah hamil tetap diperkenankan mengikuti UN. Tentu dengan berbagai macam alasan rasional yang dikaitkan dengan kemanusiaan.

Ada juga sekolah yang ngotot untuk tidak memperkenankan peserta didiknya mengikuti UN jika sudah dinyatakan hamil. Dan, orangtua/wali lebih memilih untuk mengulang dengan memindahkan anaknya ke sekolah lain. Dengan catatan aib anak tidak diketahui oleh sekolah penerima. Kalau pun sudah diketahui, orangtua meminta kebijakan kepala sekolah untuk menerima dan merahasiakannya demi menjaga kenyaman siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Hamil pada usia sekolah bukanlah persoalan baru. Ini sudah menjadi masalah lama yang seakan sulit untuk dipecahkan. Ada begitu banyak cara yang sudah ditempuh oleh berbagai pihak guna mengatasi persoalan ini. Mulai dari aturan sekolah yang ketat sampai pada pengawasan serta perhatian intens oleh orangtua dan lingkungan. Namun, tetap saja ada kecolongan dari tahun ke tahun selalu saja ada peserta didik yang positif hamil.

Jika sudah demikian siapakah yang salah? Pertanyaan ini secara kasat mata lebih bernuansa mencari kambing hitam atas persoalan yang ada. Tetapi hemat saya, pertanyaan ini mengarah kepada penegasan kembali tentang pentingnya peranan pemerintah, lembaga pendidikan, serta keluarga dalam mengasuh dan mendidik anak usia sekolah.

Pada bagian penjelasan Undang-undang RI No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen secara jelas mengatakan bahwa kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.

Saat ini pemerintah sedang antusiasnya menerapkan Kurikulum 2013 (K13) yang sesungguhnya sejalan dengan bunyi penjelasan Undang-undang di atas. K13 ini menekankan pendidikan karakter (akhlak mulia) dalam setiap mata pelajaran yang diasuh. Dalam hal ini, semua mata pelajaran harus mencantumkan fokus karakter pada tujuan pembelajarannya.

Dalam sistem seperti ini tentu dibutuhkan kreativitas guru yang berhadapan langsung dengan peserta didik. Karena bagaimana pun para guru tidak hanya fokus pada pemahaman materi ajar tetapi ia sekaligus diharapkan mampu membentuk sikap atau karakter peserta didiknya.

Hemat saya hal yang paling penting di sini adalah kesanggupan untuk mengenal dan memahami gerak perasaan peserta didiknya. Hal ini dimaksudkan supaya guru dapat memilih metode dan pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran.

Bukan pekerjaan gampang untuk mendalami gerak perasaan setiap peserta didik yang datang dari berbagai latar belakang keluarga yang berbeda. Namun, dengan model penilaian K13 saat ini antara lain pengamatan guru, penilaian diri, dan penilaian antarteman sangat memungkinkan guru dapat mengenal gerak perasaan peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline