Lihat ke Halaman Asli

Tren Penggunaan Media Sosial di Era Konvergensi Media

Diperbarui: 21 Oktober 2019   09:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Oleh : 

Yashinta Putri Rynandha (K19055402)

Prodi :  S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta

Teknologi saat ini sudah jauh melesat cepat ke era perkembangan yang lebih baik. Pencarian informasi terkini, hiburan, menambah relasi dan koneksi dapat lebih cepat didapatkan hanya dalam satu jaringan koneksi internet. Saat ini, semua hal menjadi lebih mudah hanya dengan satu klik.

Maka dari itu, saat ini banyak media yang berinovasi dengan menggabungkan media dengan teknologi terbaru. Penggabungan ini disebut konvergensi media. Konvergensi media merupakan penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. 

Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan. Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Konvergensi media dibuat bertujuan untuk memudahkan manusia dalam menikmati media. Sebagai contohnya, media cetak seperti koran saat ini telah banyak yang berpindah dari yang berbentuk cetak menjadi digital. 

Selain mengurangi penggunaan kertas, digitalisasi koran membuat para pembaca lebih mudah dalam mendapatkan informasi terkini dan merasa koran di media digital lebih menarik ketimbang koran di media cetak.

Tidak hanya terjadi pada koran, konvergensi media juga terjadi pada televisi dan radio. Televisi dan radio saat ini mulai banyak yang sudah berpindah dari televisi dan radio analog menjadi digital. Jual-beli pun juga dapat dilakukan secara digital. Tanpa membutuhkan toko secara fisik, kita sudah dapat menjual barang-barang di situs-situs online ataupun di akun pribadi milik kita sendiri. 

Pembeli pun tanpa harus mendatangi toko untuk membeli, cukup klik dan transfer, kita hanya tinggal menunggu barang sampai dirumah. Contoh marketplace online yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain.

Dibalik semua kemudahan yang ada pasti ada dampak yang dimiliki. Dampak positif dari konvergensi media adalah kita bisa mendapatkan informasi terkini dan faktual, memudahkan dalam memenuhi kebutuhan dan lebih mudah mendapatkan hiburan-hiburan hanya dengan satu alat praktis, yaitu gawai yang telah terkoneksi dengan jaringan internet tentunya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline