Lihat ke Halaman Asli

Yaser Madjid

Guru dan penyuluh Agama di Kementrian Gama Kota Ternate

Kampung Moderasi Beragama

Diperbarui: 19 Juni 2023   08:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

KAMPUNG MODERASI BERAGAM

Negara Indonesia adalah sebuah Negara dengan yang kaya akan sumber daya baik itu simber daya alam maupun sumber daya manusia. Sumber daya alam yang ada di Indonesia sangat banyak dan memilki nlai  yang tinggi. 

Hal inilah yang menyebabkan para infestor merasa tertarik untuk berinfestasi. Begitupula sumberdaya manusianya, dimana kita memilki jumlah penduduk yang banyak serta kaya akan keberagaman seperti agama, suku, ras serta budaya. Semua ini karena anugrah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. 

Sebagai ciptaan tuhan, maka suda seharusnya menjadikan diri kita sebagai ciptannya yang senantiasa bersyukur.  Karena bersyukur dapat menjawab seluruh keinginan tuhan untuk mewujudkan kehidupan yang damai.

Dinatara orang yang bersyukur adalah senantiasa mencari apa yang dinginkan tuhan dalam kehidupan?. Dia percaya ketika konsep kehidupan ini dibangun atas dasar keingin Tuhan, maka pasti mendapatkan balasan yang terbaik. Namun jika kita menempatkan diri menjadi orang yang tidak bersyukur, maka sudah dipastikan terwujud kehidupan yang tidak baik. 

Banyak cara dalam mensyukuri nikmat Tuhan, diantaranya dengan memandang perbedaan manusia adalah keniscayaan yang sudah diinginkan Tuhan. Apapun perbedaan yang kita meliki pasti ada kesamaan yang sudah disiapkan tuhan sebagai perekat dalam menciptaka hubungan yang baik sebagai makhluk social. 

Ketika kesamaan itu dijadikan sebagai dasar dalam membangun sebuah hubungan baik itu secara kekeluargaan maupun msyarakat, bangsa maupun global. Namun kenyataannya banyak dinatar kita yang focus pada perbedaan yang menjadikan pemisah dan menyebabkan konflik-konflik yang berkepanjangan. 

Konflik-konflik yang terjadi hanya bersifat kepentingan-kepentingan yang mengatasnamakan perbedaan yang ada. Salah satunya adalah karena atas nama agama tertentu mereka mengklaem kebenaran untuk mengkafirkan orang lain. Padaha tujuan dari beragama adalah menciptakan kedamaian seperti keninginan penciptanya.

Olehkarena itu diperlukan cara atau program tertentu dalam merajut kembali perpecahan yang dikarenakan klaem-klaem kebenaran yang salah satunya mengatasnamakn agama. Salah satu program yang tepat adalah dalam melihat perbedaan menjadi angurah tuhan yang harus disyukuri adalah melalui program kampong moderasi beragama. Melalui program ini kita bisa focus melihat kesamaan dari berbagai perbedaan yang ada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline