Lihat ke Halaman Asli

Yara Mustafa Rahal

Mahasiswa Universitas Siber Asia

Fenomena Kampanye Pilpres di Media Sosial 2024

Diperbarui: 7 Februari 2024   19:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kampanye jelang pilpres 2024 sudah gencar dilakukan oleh sejumlah partai politik yang melakukan kampanye melalui media social  sebagai platform komunikasi dengan masyarakat. 

Media Sosial sangat penting untuk kepentingan komunikasi terutama didalam kampanye karena dapat menjangkau masyarakat secara luas dan cepat sehingga menciptakan opini public . 

Manusia tidak bisa membendung perkembangan dan perubahan zaman di era digital ini sehingga masyarakat harus menguasai ilmu literasi agar pengguna menjelajahi pengetahuan yang valid.

Salah satu fenomena menarik adalah bagaimana kandidat capres memanfaatkan media social untuk membangun citra , menyebarkan program, dan berinteraksi dengan pemilih. Menurut "Amaly dan Armiah (2021), literasi digital menjadi kunci dalam memahami dan memilah informasi yang disebarkan melalui media social , terutama dalam menghadapi berita hoax" .  Dalam konteks pilpres , literasi digital masyarakat sangat penting untuk memastikan informasi yang diterima adalah akurat dan dapat dipercaya.

Literasi digital juga sangat penting karena disaat pemilu banyak sekali berita hoax dan buzzer politik. Dalam menyikapi masalah ini masyarakat harus objektif dan cerdas dalam mengambil berita dan tidak ikut terpengaruh dalam propokatifnya.

Tiktok merupakan salah satu platform media social yang sering digunakan oleh pilpres dalam melakukan kampanye, adu pendapat antar pendukung , penyebaran berita hoax dan buzzer . Fenomena live Tiktok ini menjadi viral saat paslon 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa penggemarnya melalui live tiktok secara terus menerus. 

Tanggapan penulis mengenai penggunaan Tiktok ini sangat tepat , karena tiktok salah satu iplatform yang banyak digunakan dari kalangan anak kecil, remaja hingga oang dewasa . Paslon urut 1 secara langsung mengadakan kampanye live tiktok dengan penonton ribuan dengan tema yang sudah ditentukan setiap livenya. Dengan kampanye ini pendukungnya meningkat drastic apalagi dikalangan mahasiswa.

Kelebihan berkampanye dimedia social yaitu mempermudah proses branding politik , praktis , menjangkau seluruh khalayak , bisa mengetahui isu politik lain, bisa memantau target dengan mudah ,dan menambah suara dengan cepat. 

Kekurangan kampanye di media social yaitu rawan akan berita hoax , berpeluang serangan fitnah dari lawan maupun masyarakat dan memberikan informasi tentang kekurangan paslon sehingga lawan dapat menyerang dengan mudah. 

Sebelum mendapatkan informasi kita harus berfikir kritis dengan cara menganalisi dan mengevaluasi dengan teliti terhadap berita kampanye atau isu politik . Sikap kritis mampu memecahkan masalah dan membantu seseorang dalam mengambil keputusan, apalagi di dalam situasi kampanye politik semua paslon melakukan peran atau drama yang baik untuk mencari suara.

  • Buzzer politik melakukan black campaign

Menjelang pemilu akan muncul buzzer politik di media social baik mengkampanyekan paslon maupun menjatuhkan lawan dan membuat onar. Tak jarang pesan yang mereka sebarkan adalah hoax dan black campaign yang bersifat penghinaan dan fitnahan melalui akun anonim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline