Lihat ke Halaman Asli

ABIRA

Mahasiswa psikologi

Kunjungan ke Taman Kanak-kanak oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag)

Diperbarui: 31 Oktober 2023   18:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

        

Nama:  YAPSHINA

Nim:  151230041

Matakuliah: Psikologi pendidikan dan perkembang

Kelas:  A

Dosen pengampu:  SAYIDAH AULIA UL HAQUE, S.PSI.,M.PSI.,PSIKOLOGI

Kami mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Fakultas Psikologi , MataKuliah Psikologi Perkembangan melakukan kunjungan ke TK Dharma Wanita yang ada di jalan Rungkut Asri Barat No 21-23 Surabaya. Pada tanggal 24 Oktober 2023.Di Taman Kanak Kanak Dharma Wanita terdapat 12 anak dengan 1 kelas, yaitu Kelompok A dengan Kelompok B. Taman Kanak Kanak ini sudah berdiri sedari lama. TK ini mempunyai 4 orang guru dengan 1 kepala sekolah.Dalam kunjunganya mahasiswa disambut hangat oleh Ibu guru TK Dharma Wanita.

Dokpri

Disana kami memberikan pemahaman terhadap guru pengajar bagaimana cara yang tepat untuk mengajar anak TK  yang menyenangkan dan sesuai usia tumbuh kembang anak.Kami memberi tahu bahwa. "Masa kanak-kanak adalah masa bermain.Bermain bagi anak dapat bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas, mengekspresikan minat dan bakat, dan melatih kemampuannya. Di sini Ibu bisa mengenali minat dan bakat anak. Jika ia lebih tertarik untuk melakukan satu jenis kegiatan, bisa jadi itu merupakan bakat terpendam yang ia miliki. Ibu pun hanya perlu membimbing dan mengarahkan anak supaya bakatnya lebih terasah dan membawa anak meraih kesuksesan.

Dan kami juga memberi tahu. "Di usianya ini anak masih belum memahami semua kata. Untuk itu, dalam berkomunikasi dengan mereka haruslah memakai kata-kata yang sederhana agar ia lebih mudah memahami maksud yang Ibu ingin sampaikan. Berikan arahan, perintah, atau kalimat dengan kata-kata yang mudah dipahami anak secara perlahan.

Selain memberikan pemahaman terhadap guru, mahasiswa Untag juga diberikan kesempatan untuk mengajar di TK Dharma Wanita.Di sana kami mengajar anak anak dengan bergai kegiatan seperti :

  • Belajar di Luar Ruangan kami melakukan pembelajaran diluar untuk memberikan suasana baru agar anak tidak cepat bosan, karena terkadang berada di ruangan tertutup bisa menjadi sangat membosankan.
  • Belajar dengan Cara seru kami disana juga memberikan game seperti tebak tebakkan,bernyanyi,menggambar supaya melatih kreativitas anak,serta agar anak merasa senang dan dapat lebih mudah menyerap ilmu yang kita sampaikan dan agar untuk melatih keprcayaan diri anak.
  • Memberikan hadiah kami memberi hadiah untuk memberikan apresiasi terhadap anak- anak atas usaha yang mereka lakukan dan keberhasilan mereka, menyelesaikan kegiatan belajarnya dengan baik.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline