Lihat ke Halaman Asli

Membersihkan Lingkungan Masyarakat

Diperbarui: 2 Maret 2022   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jetis, Gondangsari-Yanuri Adira Permana yaitu salah satu mahasiswa dari Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melaksanakan kegiatan KKN periode ke-2 yang terletak di desa jetis, Gondangsari, Juwiring, Klaten. KKN ini dimulai sejak tanggal 01 februari  2022 hingga 17 maret 2022.

Dalam rangka kegiatan KKN ini, Yanuri selaku mahasiswa KKN melaksanakan progam kegiatan membersihkan lingkungan sekitar masyarakat. yang dilaksanakan mulai hari jumat, 18 februari 2022  sampai hari minggu, 27 februari 2022. 

kegiatan pertama yang dilakukan hari jumat, 18 februari 2022 yaitu membantu membersihkan masjid abu bakar ash-shidiq yang terletak di desa jetis , untuk persiapan sholat jumat masyarakat sekitar. kegiatan ini dilakukan rutin seminggu sekali di hari jumat yang dilakukan oleh marbot masjid atau orang yang biasa mengurus kebersihan masjid abu bakar. seperti menyapu masjid, kemudian mengepel dan dilanjutkan menata karpet yang akan digunakan untuk sholat jumat, memberi wangi-wangian di karpet. tujuan supaya masyarakat yang melaksanakan sholat jumat di masjid abu bakkar merasa nyaman untuk melakukan ibadah sholat jumat. 

Kegiatan kedua yang dilakukan di hari sabtu, 19 februari 2o22 yaitu membantu petani mengusir hama burung di sawah. desa jetis, gondangsari dekat dengan area persawahan. sawah para petani sedang memasuki masa baru tumbuh padi nya, atau menyebutnya dengan katak dalam bahasa jawa.  di masa itulah para hama berdatangan yang akan menyerang tumbuhan padi milik petani seperti tikus, burung, wereng dll. untuk mengatasi dari hama burung sendiri petani menggunakan alat yang dapat mengeluarkan bunyi yang keras untuk mengusir hama burung tersebut seperti kentongan. yang kedua menggunakan jaring yang dipasang di atas tumbuhan padi, tujuannya supaya burung tersebut tidak dapat memakan tumbuhan padi.

Kegiatan ketiga yang dikakukan di hari jumat, 25 februari 2022 yaitu menanam tanaman apotek hidup di lingkungan sekitar rumah bersama warga, tanaman yang di tanam berupa kunyit. tujuannya suapaya nanti masyarakat yang membutuhkan kunyit bisa memanfaatkan tanaman yang sudah ditanam tanpa harus membelinya.

Kegiatan keempat yang dilakukan hari minggu, 20 februari 2022 yaitu ikut serta dalam kegiatan kerja bakti bersama masyrakat sekitar. kegiatan ini dilakukan rutin setiap satu bulan sekali, membersihkan saluran air atau selokan, membersihkan rumput di sekitar jalan, menebang pohon yang dirasa sudah tidak layak hidup. dilakukannya kerja bakti ini supaya masyarakat merasa nyaman dengan kondisi dilingkungan sekitar dan lingkungan terlihat bersih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline