Lihat ke Halaman Asli

KKN 154

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Mengungkapkan Rasa melalui Gerak Tari

Diperbarui: 19 Agustus 2022   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Tari merupakan salah satu kesenian yang menggabungkan unsur wiraga, wirama, wirasa,yakni penari harus bisa menyesuaikan antara keselarasan gerak, rasa dan dengan iringan. Akan tetapi menyatukan ketiga unsur tersebut tidaklah mudah membutuhkan waktu yang cukup lama, maka dari itu Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 154 Universitas Sebelas Maret Surakarta mencoba melatih siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Dayu, Gondangrejo, Karanganyar dengan salah satu tarian karya kelompok KKN 154 yang berjudul Tari Siyaga Yuda.

Tarian ini mengungkapkan rasa kepahlawanan ketika para prajurit hendak berangkat berperang untuk merebut kembali yang menjadi haknya. Ragam gerak yang disajikan cukup sederhana, dengan harapan siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 01 Dayu bisa berlatih untuk menyelaraskan wiraga, wirama, wirasa. Tidak hanya sekedar berlatih,namun para siswa-siswi ini juga mendapat bagian untuk mengisi acara di Dusun Nggrenjeng, Dayu, Gondangrejo, Karanganyar dengan menampilkan Tari Siyaga Yuda ini yang akan digelar esok pada tanggal 21 Agustus 2022.

Dengan adanya latihan tari ini kelompok KKN 154 berharap para generasi muda ikut serta dalam melestarikan dan ikut nguri-uri budaya bangsa yang merupakan ciri bangsa Indonesia yang berbudaya. Semoga dengan bekal tarian ini kebudayaan dilingkungan desa khususnya Dayu bisa aktif dan berkembang lebih maju lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline