Lihat ke Halaman Asli

Yanto Mulyadi

Sales Motivator, Trainer , Coach and Healer

Menjadi "TOP" Sales di Tengah Badai

Diperbarui: 11 April 2020   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sales | Sales Coach. Dengan modal nekat saya memulai karir sebagai salesman ditahun 1999 tepatnya setelah badai krisis moneter menerjang Indonesia. Produk yang saya jual saat itu adalah berbagai jenis bahan bangunan. Dengan semangat saya memacu sepeda motor menyusuri jalanan dan toko-toko dikawasan Bekasi dan sekitarnya tepatnya daerah Cikarang yang merupakan kawasan industri terbesar.

Lebih dari 100 toko bahan bangunan yang tidak saya kenal sudah saya kunjungi dalam satu bulan. Dengan berani dan penuh percaya diri , saya memperkenalkan diri dan menawarkan produk yang saya jual dengan sistem hutang. Beberapa toko sudah saya kunjungi berkali-kali. Ada yang sampai 3 kali saya kunjungi dalam satu bulan namun belum ada yang membeli produk saya.

Frustasi dan takut dipecat menghantui saya saat itu, Namun saya tetap tegar dan terus meyakinkan diri sendiri bahwa pasti ada toko yang akan membeli dari saya. Bulan kedua saya mulai lagi mengunjungi 100 toko yang pernah saya kunjungi sebelumnya. Sungguh saya benar-benar kecewa masih belum ada juga toko yang mau membeli produk saya. Ditengah rasa frustasi yang dalam sungguh Tuhan berbaik hati akhirnya ada satu toko yang mau membeli dengan transaksi 750 ribu.

Saya tidak akan pernah melupakan pemilik toko yang menjadi pelanggan pertama saya. Berkat beliau percaya diri saya meningkat dan  100 toko yang pernah menolak saya menjadi pelanggan tetap saya dalam satu tahun dan saya berhasil menjadi TOP sales dalam satu tahun itu juga. Sampai saat inipun pelanggan pertama saya tetap menjadi klien asuransi saya dengan premi perbulan yang cukup tinggi. Demikian juga 100 pelanggan yang menolak saya sebagian besar saat ini tetap menjadi klien asuransi saya.

Dalam satu refleksi diri saat stay at home, ingatan saya kembali ke tahun 1999 saat pertama kali saya menjadi sales.   Kunci sukses agar menjadi top sales saat itu adalah SEMANGAT,  KERJA KERAS, RAJIN, TEKUN dan BERSABAR. Saya berpendapat di era yang serba digital prinsip untuk menjadi top sales tetap tidak berubah. Anda hanya perlu lebih kreatif dan inovatif saja upgrade diri dan terus belajar mengikuti perkembangan zaman. Salah satu yang harus anda kuasai saat ini adalah digital marketing. Semoga story saya bermanfaat buat orang-orang yang baru memulai karir sebagai sales. Salam Sukses.

Yanto Mulyadi

Sales Trainer and Coach

PIC : 08129720898

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline