Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan di Indonesia Membutuhkan Orang Pintar yang Digaji Besar

Diperbarui: 12 September 2023   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : RDNE Stock project 

Suatu malam, di sebuah acara teve, tengah ditayangkan  lawakan tunggal yang  dibawakan seorang komedi perempuan, Kiki Saputri.

Kata Kiki Saputri dalam lawakannya, " Saya nih lulus kuliah  4 tahun, gelar saya sekarang SPd, Sarjana Percaya Diri. Gaji pertama honorer 600 ribu sebulan. Diangkat jadi guru Bahasa Indonesia gaji naik lumayan 1,8 juta"

Dan para penontonpun tertawa. Miris. Mungkin kalau gaji Kiki saat jadi guru honor sesuai standar Upah Minimum Provinsi sebesar 4,9 juta rupiah, Kiki gak akan mau jadi pelawak di acara Stand Up Comedy, dia  akan tetap menjadi guru Bahasa Indonesia.

Pendidikan di Indonesia memang sudah lama menjadi sebuah pemikiran yang memperihatinkan. Ada sebuah dilema dan anomali, dimana pendidikan di Indonesia tidak sebanding dengan peningkatan Ekonomi yang meningkat pesat.

Jika ada yang menyatakan bahwa terpuruknya Ekonomi dan Politik suatu bangsa disebabkan telah diabaikannya pendidikan. Tidak demikian yang terjadi di Negara kita.

Program for International Student Assessment (PISA), yang merupakan program untuk menilai peserta didik dari seluruh negara. Sejak bergabung, pada tahun 2000, Indonesia menempati urutan ke-39 dari total 41 negara. Tahun 2018 dari penilaian PISA, pendidikan di Indonesia menempati posisi ke-71 dari total 78 negara. Memprihatinkan.

Dalam teorinya pertumbuhan pendidikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi mempengaruhi petumbuhan pendidikan (Bowles dan Gintis 1976, Adiwikarta 1988, Saripudin 2005).

Ketiga lembaga penyelenggara pendidikan, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat, masing-masing melakukan peran yang berlainan tetapi saling melengkapi. Fungsi tiap lembaga tersebut pada masyarakat yang masih tradisional tentu berbeda pula pada masyarakat yang telah maju.

Fungsi ekonomi dalam dunia pendidikan adalah untuk menunjang kelancaran proses pendidikan. Bukan merupakan modal untuk dikembangkan, dan bukan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi ekonomi dalam pendidikan berfungsi untuk sumber-sumber yang lain, seperti guru, kurikulum, alat peraga, dan lain sebagainya, untuk menyukseskan misi pendidikan yang semuanya bermuara pada perkembangan peserta didik.

Adanya hubungan yang sangat kuat antara tingkat ekonomi masyarakat dan mutu pendidikan Indonesia berawal dari tingkat ekonomi keluarga dalam wilayah tertentu. Misal tingkat ekonomi penduduk Jakarta sudah pasti akan berbeda jauh dengan tingkat ekonomi penduduk wilayah Papua.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline