Lihat ke Halaman Asli

Yanti Sriyulianti

Berbagilah Maka Kamu Abadi

Pemimpin yang Energik dan Inspiratif

Diperbarui: 26 Juni 2022   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Dinas Pariwisata KamparAir Terjun Batu Tilam pemenang Anugerah Pesona Indonesia untuk nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler Peringkat I Nasional 

Baru empat hari saya berada di kabupaten tertua di provinsi Riau ini. Sejak hari pertama tiba di Balai, begitu para aparatur yang menemani saya menyebutnya,  sampai jelang pulang dari Tapung Ulu semalam, saya menyaksikan sosok pemimpin yang enerjik dan inspiratif. Kerumunan warga dan aparatur sipil negara yang menunggu kesempatan audiensi, tidak menghapus senyum di wajah PJ Bupati Kampar. 

Saya juga melihat senyum di wajah Chairil, sopir Ibu Desi menyaksikan spontanitasnya turun di jembatan memeriksa sungai Tapung jelang magrib. "Bapak tak kenal lelah,Bu. Saat menjadi Kepala Dinas Pendidikan Riau Bapak bekerja  sampai tengah malamdi kantor, "ujar Chairil. 

Desa Wisata Wahana Percepatan Pembangunan

Saya tinggal di salah satu kamar di Rumah Dinas Bupati Kampar. Meski baru tiba lewat tengah malam dari Indragiri Hilir, PJ Bupati Kampar tetap hadir dan menyampaikan sambutan yang menggugah dan menginspirasi pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional yang dilaksanakan di lapangan Pelajar pukul 8 pagi. 

Kabid Perlindungan Anak, Satiti mendukung penuh inisiatif JMSI dengan menghadirkan Forum Anak Kampar. Sajian pencak silat yang memikat dan mars Fakar diiringi tepuk tangan dari PJ Bupati Kampar dan semua tamu undangan.

Kampar sudah darurat narkoba. Hampir setiap hari kepolisian Kampar menangkap tersangka pengguna dan pengedar narkoba. Narkoba sudah masuk ke desa-desa bahkan kantin sekolah. Kamsol menyerukan agar warga Kampar bersama memerangi narkoba dan tokoh adat serta tokoh maayarakat mencegah anak dan kemenakan terpapar narkoba. 

Saya duduk di samping Kepala Dinas Pariwisata. Ternyata ada surga tersembunyi di kecamatan Kampar Kiri Hulu. Sebelumnya dalam rapat pemantapan quick wins 100 hari kerja PJ Bupati Kampar, perwakilan dari PMD menyampaikan kabar bahwa 23 desa tertinggal di Kampar ada di kecamatan

Zulia Darma, Kadis Pariwisata Kampar menyampaikan kabar gembira bahwa Kebon Tinggi adalah desa wisata nomor 1 nasional. Air Terjun Batu Tilam di desa tertinggal ini memperoleh penghargaan anugerah Pesona Indonesia untuk nominasi Surga Tersembunyi Terpopuler Peringkat I nasional pada 2020.  

Sementara itu, Desa Wisata Kampung Patin Koto Mesjid  juga menempati Peringkat I Nasional Perguruan Tinggi. Mas Menteri Sandiaga Uno kabarnya mengunjungi lokua tersebut pada Mei 2021.

Rintisan Rumah Kerlip Beriman di 9 desa tertinggal yang menjadi salah satu quick wins 100 hari kerja PJ Bupati Kampar diperkaya  Gerakan Literasi untuk Kampar Maju (Geliat Kamu) dan Gerakan Mengisi Waktu Luang (Gemilang) Forum Anak Kampar.  

Yuriko, Kadis kominfo Kampar juga setuju membimbing Forum Anak untuk menjadikan Pustaka Desa sebagai Pusat Informasi Sahabat Anak (Pisa) melengkapi inovasi Taman Pusraka Loka Budaya yang dirumuskan Mustiko dari Sahabat Desa Mandiri SDG's. Kampar Bersinar dari Brigjen Purn Irwan Amrun, Cyber Deteksi Dini Gizi Buruk dari Lian, Gembira menjadi Keluarga Peduli Pendidikan, Pelatihan Ecoenzym terintegrasi dalam percepatan pembangunan daerah tertinggal menjadi Desa Ekowisata yang Layak Anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline