Lihat ke Halaman Asli

Seharusnya Indonesia Bisa Jaya

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Suatu ketika tersebutlah negara adikuasa berjuluk Amerika. Konon katanya Amerika menjadi sebuah poros perkembangan dunia. Hal itu menjadikan hampir segala sesuatu berpatokan pada negara adikuasa tersebut. Tidak terkecuali Indonesia.

Indonesia Adalah Pasar

Indonesia sering disebut - sebut sebagai suatu yang penting dalam perekonomian dunia. Paling tidak itu sempat terucap oleh beberapa investor yang menanamkan modalnya di tanah Indonesia. Indonesia adalah aset bagi para investor. Mengapa bisa? Karena bangsa ini adalah pasar bagi mereka.

Berbagai produk luar telah membanjiri negeri ini dengan berbagai slogan yang mengagungkan kualitas dan teknologi terkini. Banyak orang Indonesia rupanya lebih gemar mengenakan sesuatu yang berbau luar negeri. Hal ini mungkin dapat menaikkan gengsi di mata orang lain.

Sebagian orang mungkin tidak peduli, tetapi sadar. Sebagian lagi sadar tapi tidak peduli, kalau negeri ini telah menjadi pasar. Lalu di mana posisi kita? Apakah Indonesia punya peran penting dalam permainan pasar ini? atau justru menjadi pemeran penting dalam objek pemasaran? Atau Anda punya pilihan yang lain? Dapat dijawab sendiri ya.

Kita Bangsa yang Pintar

Percaya atau tidak, bangsa Indonesia memiliki aset manusia- manusia cerdas. Sebut saja, setiap tahun Indonesia tidak pernah absent menyabet mendali dalam berbagai perhelatan seperti Olimpiade Sains, olimpiade robot di tingkat internasional. Peghargaan yang dipersembahkan dari para pelajar kita yang duduk mulai dari bangku SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi.

Selain itu, tidak jarang media mengulas keberhasilan mahasiswa kita berhasil merancang berbagai teknologi inovasi berupa mobil listrik, berbagai robot, dan masih banyak lagi. Semua itu adalah sebagian kecil saja karena sebenarnya masih banyak prestasi lain ditorehkan oleh para pelajar Indonesia bahkan di antaranya berhasil meraih beasiswa ke luar negeri.

Bagaimana aset kit luar biasa bukan? permasalahanya, mengapa begitu banyak potensi yang kita miliki tetapi kita masih bangga menjadi bangsa yang dijadikan "pasar"?

Indonesia Seharusnya Bisa

Melihat banyaknya potensi pemuda Indonesia, seharusnya Indonesia mampu menjadi pemain dalam era persaingan ini dan menjadi salah satu bangsa yang patut dipandang sebagai salah satu pesaing utama dalam produk bukan konsumsinya. Pembinaan yang tepat dan memberikan kesempatan mengembangkan inovasi terhadap raihan yang telah dicapai kiranya dapat menambah nilai Indonesia di kancah industri dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline