Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Memiliki Sebuah Ambisi

Diperbarui: 28 Agustus 2022   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

quotesgram.com/Marilyn Stewart 

Pada pagi yang cerah itu Pendi terbangun dari tempat tidurnya. Kemudian dia membuka Hand Phonenya dan langsung berselancar di sosial media miliknya. Dari yang pertama hanya niat membuka Tik-Tok, kemudian merambah ke Instagram, Youtube, Twiter, hingga akhirnya membuka Facebook.

Tak terasa sudah dua jam Pendi bermain sosial media sejak bangun  tadi. Begitu banyak informasi yang masuk ke otak Pendi yang berasal dari sosial medianya tersebut. Mulai dari informasi gosip, olahraga, kesehatan, hingga kata-kata motivasi.

Dari semua informasi tersebut, Pendi sangat suka membaca kata-kata motivasi yang cukup banyak bersliweran di Instagram dan juga Tik-Tok. Setiap ada kata-kata motivasi yang lewat Pendi langsung membaca dan tidak lupa meninggalkan like. Begitu seterusnya sampai tak terasa Pendi sudah tiga jam bermain sosial media sejak tadi bangun pagi.

Pada akhirnya Pendi hanya menghabiskan waktunya bermain sosial media sembari sesekali keluar kamar untuk makan, minum, ke kamar mandi dan aktivitas lainnya yang tidak bisa dilakukan di tempat tidur.

Pendi, hanyalah contoh untuk Pendi-Pendi yang lain yang banyak diluar sana. Pendi merepresentasikan begitu banyak orang terkhusus anak muda saat ini yang sangat senang menghabiskan waktu hanya untuk bermain sosial media. Tidak peduli dengan lingkungan sekitar, tidak peduli dengan diri sendiri, dan tidak peduli dengan keluarganya.

Banyak anak muda seperti Pendi yang suka dengan kata-kata motivasi yang di lihat melalui sosial media Instagram dan juga tik-tok. Akan tetapi hanya sebatas suka dan tidak cukup kuat untuk mengarahkan dirinya sendiri untuk mempraktikkan kata motivasi tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan sekarang ini banyak motivator-motivator bodong yang hanya modal cerita dan sedikit gimick membuat mereka terkenal dan disukai banyak orang. Sedikit cerita tentang masa lalunya, kesuksesannya, hingga akhirnya orang-orang yang memiliki sifat seperti Pendi tadi tertarik dan menjadi sekmen pasarnya.

Apa itu Ambisi?

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  maka pengertian ambisi yaitu keinginan, hasrat, nafsu untuk mencapai atau memperoleh sesuatu. Hal ini tentu menempatkan ambisi menjadi salah satu bahan bakar atau dorongan untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Ambisi dapat membuat yang lemah menjadi kuat, yang bodoh menjadi pintar, dan yang rajin menjadi malas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline