Lihat ke Halaman Asli

7 Tips Membaca Surat Kabar

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

7 tips membaca suratkabar

1.    Tentukan waktu untuk membaca surat kabar
Tentukan waktu untuk membaca atau gunakan 15 menit setiap hari untuk membaca. Dengan demikian membaca surat kabar bagian dari riutunitas anda.
2.    Pilihlah surat kabar yang dibutuhkan
Beragam media yang ada pada saat ini mengharuskan anda selektif. Ketahui kebutuhan informasi anda, seperti berita general,dunia pendidikan atau tentang gaya hidup. Jika anda sudah tahu berita yang ingin anda baca, akan mudah menentukan surat kabar yang anda beli.


3.    Anda bisa pilih berita dari nama penulis

Bagi anda yang sudah terbiasa membaca surat kabar,secara langsung akan menyukai beberapa berita dan beberapa penulis yang anda anggap mempunyai tulisan yang berkualitas. Anda bisa mulai dari sana.
4.    Paragraf terakhir dan hati-hati dengan judul dalam tanda petik
Ternyata menurut Andrew dalam surat kabar fakta dari sebuah berita sering kali ditaruh pada paragraf terakhir. Bagi anda yang tidak mempunyai cukup waktu, lebih baik langsung menuju ke paragraf terakhir.
5.    Baca berita kecil dari hal?
Berita yang tidak panjang bukan berarti tidak pentingkarna tempat terbatas dan prioritas setiap media berbeda, para editor terkadang menyingkat berita menarik menjadi berita hanya mungkin hanya 1-2 paragraf.
6.    Cari yang anda menati
Jika anda mempunyai beberapa menit saja setiap pagi untuk membaca surat kabar, maka sebaiknya anda hanya membaca berita yang paling menarik bagi anda.
7.    Bawalah surat kabar bersama anda
Jika anda merencanakan untuk pergi seharian bawalah surat kabar. Jadi jika anda mempunyai waktu untuk membaca, anda bisa dengan mudah membacanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline