Lihat ke Halaman Asli

Yan Osmana

Glang-Glong Swasta

Survei Dan Poling Produk

Diperbarui: 19 April 2024   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Nak! Ayah bangga padamu, ayah kagum dengan kegigihanmu menekuni usaha UMKM mu. Meski belum bisa dibilang sukses. Namun ada progres baik dari segi peningkatan pengenalan produk buatan mu. Semoga juga mampu meningkatkan pendapatannya juga. 

Nak! Perlu kamu pahami, memasarkan produk perlu ilmu. Dan kamu harus bisa memahami bahwa didalam pemasaran pengetahuan merupakan kekuatan utama.

Namun, untuk memperoleh pengetahuan itu, kamu juga memerlukan mengajukan pertanyaan yang tepat kepada para pelanggan-pelanggan mu. Dan engkau harus melakukan survei dan poling online. Kenapa begitu?. Ya karena itu sangat berperan, guna menentukan langkah inovasi kedepannya.

Kamu bisa melakukan survei, dimana kamu memberikan formulir dalam bentuk kuesioner. Supaya bisa membantu mu dalam memahami pelanggan maupun calon-calon pelanggan mu. Yang bakalan jadi target utama pemasaran produk mu. 

Setelah itu, kamu juga harus melakukan sebuah jajak pendapat online. Akan tetapi hanya berfokus pada satu pertanyaan saja. Guna mendapatkan gambaran opini baik atau buruk dari para pelanggan mu.

Itu saran dari ayahmu ini. Sebab, menurut ayah. Survei dan jajak pendapat mampu membantu kamu mendekonstruksi para pelanggan mu melalui pikiran mereka. Sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk keuntungan kamu. 

Itu saja dari ayah. Semoga engkau mampu memahami itu dengan baik. Dan ayah doakan usaha mu maju pesat nak!!!

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline