Lihat ke Halaman Asli

Kunyit yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Diperbarui: 5 Agustus 2023   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Kunyit merupakan salah satu herbal dan rimpang yang sering kita temui dan mudah ditemukan dimanapun.  Kunyit memiliki bentuk yang hampir sama dengan salah satu rimpang lainnya  yaitu jahe. Tetapi kita dapat membedakannya dengan mudah karena kunyit  memiliki warna kuning. Karena  pigmentasi warna kuning yang sangat pekat. Ketika  kita menyentuhnya pun warna kuning tersebut akan menempel pada tangan membuat kunyit dapat dijadikan sebagai pewarna kuning alami. Salah satu makanan yang terkenal menggunakan kunyit yaitu kari dan nasi kuning. Namun tidak hanya itu saja kunyit juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Siapa yang menyangka ternyata salah satu jenis rimpang ini memiliki kandungan yang banyak sekali manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Kunyit merupakan alah satu jenis herbal yang baik untuk kesehatan. Di Indonesia herbal yang terbuat dari kunyit dibuat dalam bentuk minuman atau yang sering disebut "Jamu". Jamu adalah minuman yang terdiri dari campuran beberapa jenis herbal dan rempah. Salah satu jenis jamu yang terbuat dari kunyit yaitu "kunyit asam". Minuman tersebut merupakan campuran dari beberapa bahan seperti kunyit, asam jawa, dan gula kelapa, yang di rebus kemudian di saring. Kunyit asam sangat baik untuk kesehatan benefits yang dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi kunyit asam yaitu dapat menurunkan kolesterol, bahkan digunakan sebagai minuman pelangsing oleh wanita pada zaman dahulu.

Di Negara lain minuman yang hampir sama dengan kunyit asam disebut " Wellness Shot". Wellness shot merupakan campuran dari beberapa bahan seperti  jahe, sereh, kunyit ,dan lemon yang ditambahkan air dan di blender. Minuman ini biasanya dapat tahan hingga satu minggu bila disimpan dalam lemari pendingin. Wellness shot juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti anti inflamasi, melancarkan pencernaan, dll.

Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi kunyit mentah yang di blender atau bahkan kunyit yang dijadikan  minuman mungkin akan mengira bahwa rasanya menyeramkan atau tidak enak. Namun karena kunyit tersebut dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya maka rasa minuman tersebut tidak terlalu menyeramkan. Seperti di dalam kunyit asam aroma kunyit mentah nya menjadi hilang karena telah memalui proses perebusan dan rasanya menjadi asam sedikit manis karena ditambah juga dengan gula kelapa dan asam jawa. Sedangkan pada wellness shot meskipun menggunakan kunyit mentah bau nya masih sedikit tercium namun rasanya terkalahkan oleh lemon sehingga rasa yang dominan dirasakan hanya asam. Akan tetapi jika kita sudah biasa meminumnya maka kita pun akan terbiasa.

Selain digunakan  sebagai herbal, bumbu, dan minuman yang bermanfaat kunyit juga dapat dijadikan sebagai masker untuk kulit yang berjerawat. Kandungan yang terkandung dalam kunyit dapat mengeringkan jerawat lebih cepat. Untuk membuat masker kunyit tersebut cukup campurkan dengan air cucian beras. Cuci beras kemudian ambil air cucian yang sudah agak bersih atau cucian ke 3. Diamkan beberapa jam hingga air tersebut menghasilkan endapan, buang air tersebut dan ambil endapannya parut atau blender kunyit  kemudian campurkan dengan endapan air tersebut. Gunakan pada wajah 10-15 menit kemudian bilas. Banyaknya manfaat yang terkandung pada kunyit  membuat kunyit baik untuk kesehatan dan kecantikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline