Lihat ke Halaman Asli

Budhi Hendro Prijono

Belajar Terus dan Terus Belajar! Pensiunan Karyawan YAKKUM RS Emanuel Purwareja-Klampok Banjarnegara. Alumni Kesehatan Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

"Paskah Bukan Hari Jumat"

Diperbarui: 29 Maret 2016   22:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hari ini, hari Jumat Agung, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ucapan Selamat Paskah datang dari keluarga dan handai taulan melalui telepon, SMS, BBM, dan WA. Mereka menambahkan ucapan selamat Paskah dengan harapan dan doa-doa positif untuk kami sekeluarga. Saya-pun selalu membalas satu per satu dengan berterima kasih dan harapan serta doa buat mereka.

Namun rasanya ada yang perlu diluruskan. Hari Paskah bukan hari Jumat tetapi hari Minggu.

Saya sangat faham ‘kekeliruan’ waktu ini. Hari Jumat Agung merupakan hari libur dan orang awam menghubungkannya dengan hari raya keagamaan Kristen yang lebih populer dengan hari Paskahketimbang Jumat Agung.

Rangkaian acara Paskah atau Pekan Suci diawali sejak hari Minggu Palem yang tahun ini dirayakan pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2016. Perayaan Minggu Palem merefleksikan perjalanan Yesus menunggang seekor keledai disambut sukacita warga Yerusalem dengan melambai-lambaikan daun Palem sepanjang jalan yang dilalui Yesus.   

Kamis Putih yang dirayakan pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2016 bermakna kasih dan pelayanan yang digambarkan Yesus dengan membasuh kaki ke dua belas muridNya. Peristiwa ini dilanjutkan dengan ‘Perjamuan Terakhir’ Yesus bersama murid-muridNya. ‘Perjamuan Terakhir’ diabadikan Leonardo da Vinci melalui sebuah lukisan terkenalnya.

Tanggal 25 Maret 2016 merupakan perayaan Jumat Agung yang mengisahkan penderitaan Yesus sejak vonis pengadilan atas tuduhan kejahatan yang penuh rekayasa. Siksaan demi siksaan dialami Yesus sampai puncaknya, kematianNya di kayu salib. Jasad Yesus dikuburkan dalam gua dan dijaga prajurit Romawi.  

Pada hari Minggu pagi tanggal 27 Maret 2016, hari ketiga setelah kematian Yesus, dirayakan sebagai hari Paskah yang merupakan hari Kebangkitan Yesus dari kematian dengan meninggalkan kubur. Hari Paskah bermakna kemenangan Yesus mengalahkan maut dan memberi harapan akan kedatanganNya yang ke dua kali untuk menyelamatkan umatNya.

 

Maguwoharjo, 26 Maret 2016




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline