Lihat ke Halaman Asli

Badriah Yankie

Menulis untuk keabadian

Cara Sederhana dari BCA agar Bisa Bagi-bagi THR

Diperbarui: 11 Mei 2019   10:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Mengunduh BCA Mobile pada Hape Androi

Hari Lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu. Bukan saja karena pada hari itu bisa merasakan hari yang fitri sebagai ganjaran bagi pelaksanaan puasa selama sebulan penuh, namun karena lebaran identik dengan diterimanya uang THR.

Istilah tunjangan hari raya (THR) sebenarnya mengacu pada apresiasi bagi setiap pegawai (tetap, kontrak atau paruh waktu) yang diberikan oleh perusahaan setelah pegawai tersebut bekerja minimal 1 tahun. 

Kini, THR tidak merujuk pada pemberian uang setelah bekerja dalam kurun waktu tertentu, THR mengacu pada meminta uang kepada siapa saja untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri.  

Anak kecil pada masa kini fasih menanyakan, "Mana THR untuk saya?" kepada orangtuanya, atau mungkin saudaranya, padahal anak kecil tersebut tidaklah bekerja pada orang tua atau saudaranya. Pada tulisan ini, THR mengacu pada makna meminta uang untuk berlebaran yang menjadi fenomena unik yang hanya ada di Indonesia.

Perluasan makna THR mengakibatkan semua orang berusaha untuk menyiapkan uang dalam jumlah tertentu agar pada saat ada yang meminta THR permintaan tersebut dapat dipenuhi. K

eberadaan THR menuntut siapapun untuk siap secara finansial. Tidak dipungkiri, kondisi ini memberatkan jika tanpa rencana. Bulan Ramadhan itu sendiri menuntut pengeluaran ekstra, permintaan THR membuatnya menjadi pengeluaran ekstra kuadrat.

Bagaimana agar Ramadhan berakhir indah dengan kemampuan memberikan THR seolah tanpa beban? Saya sajikan pengalaman pribadi saya sebagai seorang nasabah BCA yang bisa membuat rekening baru dari aplikasi HP dan menabung dengan terencana untuk menyediakan THR.  

Pertama, tentukan terlebih dahulu tabungan minimal yang harus dipenuhi agar target THR terpenuhi. Bagi saya sendiri, perencanaan menabung untuk THR kurun waktu yang disiapkan adalah 11 bulan. 

Setiap bulan saya memaksakan diri menyimpan minimal Rp. 500.000. Pada saat menabung, saya memberikan kode pada jumlah uang yang ditabung sebagai penanda bulan. Pada bulan kesatu, saya menabung Rp. 500.000. dengan jumlah uang yang ditabung adalah Rp. 500.100.  

Angka 100  di belakang menandakan tabungan kesatu. Pada bulan kedua, tabungan menjadi Rp. 500.200. dan seterusnya sehingga pada bulan kesebelas simpanan yang dimasukkan adalah Rp. 511.000. Bagi saya sendiri, menyediakan minimal Rp. 5.500.000. untuk THR dipandang cukup.

Kedua, saya membuka rekening baru BCA dengan menggunakan aplikasi yang tersedia pada hape. Langkah-langkah membuka rekening tersebut sangatlah mudah seperti berikut ini.

  1. Masuk ke Play Store, klik BCA Mobile pada kolom pencarian. Setelah muncul BCA mobile dengan kode kotak BCA, klik dan unduh.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline