Lihat ke Halaman Asli

yance Pribadi

A simple man

3 Hal yang Harus Dimiliki agar Sukses dalam Karir dan Bisnis

Diperbarui: 23 Desember 2018   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

1. Keahlian/ Kecakapan

Mutlak diperlukan agar bisa "djual" untuk menghasilkan uang/keberhasilan. Faktor ini bisa diperolehan dengan kemauan & kerja keras.

2. Koneksi/hubungan luas/ teman2

Mutlak diperlukan karena tanpa networking , seseorang menjadi " not working". Faktor ini bisa diperoleh dengan memperluas hubungan dengan orang2 yang berkualitas  yang bisa mendorong bisnis / karier kita. Misalnya dengan  Ikut  memjadi anggota / pimpinan sebuah perkumpulan, asosiasi profesi, perkumpulan hobby hobby tertentu dll.

3. Nasib ( lucky)

Walaupun syarat yang terakhir bukan berarti tidak penting  karena faktor nasib ini bisa menjadi faktor penentu yang membedakan 2 orang  yang kualitas kealhlian yang sama & sama 2 mempunyai  networking yang luas tapi karena  nasibnya berbeda bisa berbeda juga keberhasilan bisnis / kariernya. Faktor nasib ini diterima seseorangn dari Tuhan YME sejak dia lahir.

Orang yang sukses di bisnis / karier pasti memiliki ketiga-tiganya. Nomer 1 ( keahlian ) mutlak dipunyai oleh setiap orang. Setelah itu juga harus mempunyai faktor ke 2 & 3. Jarang seseorang yang memliki 3  hal tsb dengan porsi yang sama -- sama besar. Yang banyak saya temui adalah seseorang yang punya keahlian saja, sedangkan koneksi & nasibnya kurang sehingga bisnis/kariernya kurang meroket.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline